25 C
Makassar
Kamis, Desember 2, 2021
BerandaRagamBegini Dampak Jika Terkena Air Hujan

Begini Dampak Jika Terkena Air Hujan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Saat kita terkena air hujan, maka tubuh akan merasa kedinginan. Hal ini akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi dalam jumlah banyak demi menjaga suhu tubuh.

Sayangnya, jika sistem kekebalan tubuh kita sedang lemah, maka tubuh tidak mampu mengatasi rasa kedinginan ini dan akhirnya memicu datangnya beberapa penyakit khas musim hujan layaknya flu, batuk, atau demam.

BACA: Hujan Sejak Pagi, Sejumlah Daerah dan Ruas jalan di Makassar Banjir

Melihat fakta ini, air hujan memang secara tidak langsung bisa menyebabkan kita jatuh sakit. Hanya saja, hal ini juga dengan catatan bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun. Jika sistem kekebalan tubuh berada dalam kondisi yang baik, meskipun kita kehujanan badan tidak akan mudah jatuh sakit.

Penularan penyakit saat musim hujan

Menurut pakar kesehatan seperti dilansir DokterSehat.com, virus flu memang cenderung lebih aktif tatkala musim hujan. Hal ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang lebih dingin dan lembap.

BACA: Kurang Vitamin D, Bisa Sebabkan Teringat Kenangan Saat Hujan Turun

Jika kita berada di dalam satu ruangan seperti di tempat kerja, tempat makan, atau di rumah yang berisi banyak orang dan beberapa diantaranya sudah terkena flu, maka virus dari penyakit ini bisa saja menular dengan cepat.

Sebagai contoh, jika ada orang yang terkena flu di tempat kerja dan kemudian bersin, maka kita pun akan lebih rentan menghirup udara yang sudah berisi virus flu. Jika sistem kekebalan tubuh kita sedang memburuk, maka risiko untuk tertular flu pun akan meningkat.

Turunkan sistem kekebalan tubuh?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, jika kita kehujanan, maka ada kemungkinan pakaian akan lebih basah dan kita pun akan lebih rentan kedinginan. Jika sampai hal ini terjadi, energi tubuh dicurahkan untuk menjaga keseimbangan suhu.

BACA JUGA :  Bibir Kering dan Tubuh Lemas saat Puasa Pertanda Kekurangan Vitamin

Masalahnya adalah hal ini bisa saja membuat sistem kekebalan tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Hal inilah yang akhirnya membuat kita lebih mudah jatuh sakit.

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.356,7
EUR
16.300,6
JPY
127,3
KRW
12,2
MYR
3.416,2
SGD
10.545,2