24 C
Makassar
Wednesday, June 26, 2024
HomeHealthBenda dan Area Tempat Bakteri serta Virus Berkembang Dalam Rumah

Benda dan Area Tempat Bakteri serta Virus Berkembang Dalam Rumah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Menurut penelitian, beberapa jenis bakteri berbahaya, seperti bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella, dan E. coli, dapat ditemukan di permukaan benda-benda yang ada di dalam rumah. Bahkan diketahui ada lebih dari 340 jenis bakteri tersebar di dalam rumah.

Penting untuk diingat bahwa bakteri dan virus bisa menyebar dari manusia ke manusia, juga dari manusia ke permukaan sebuah benda.

Berikut ini adalah beberapa area dan benda di dalam rumah yang diketahui sering menjadi tempat bakteri dan virus bersarang seperti dilansir dari laman alodokter :

Gagang pintu

Gagang pintu rumah, pintu dapur, pintu kamar mandi, pintu kulkas, pegangan microwave, meja dapur, bahkan saklar lampu pun merupakan benda-benda yang paling banyak bakterinya. Oleh karena itu, permukaan benda ini penting untuk rutin dibersihkan.

Anda bisa menggunakan produk disinfectant wipes atau lap disinfektan yang banyak dijual di pasaran. Lap disinfektan ini juga diketahui bisa menghilangkan virus SARS-COV-2 penyebab penyakit COVID-19. Untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan semprotan disinfektan yang mudah didapatkan di pasaran.

Sewaktu membersihkan gagang pintu atau perabot, sebisa mungkin jangan menggunakan satu lap disinfektan untuk mengelap semua benda-benda tersebut, ya!

Remote TV

Setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah, rasanya sangat pas bersantai menonton TV ditemani camilan kesukaan. Namun, sebelum menyalakan TV, ada baiknya Anda membersihkan remote TV terlebih dulu.

Remote TV juga merupakan salah satu benda yang paling banyak dihinggapi bakteri dan virus. Ditambah lagi, remote TV yang kebanyakan terbuat dari plastik membuat virus dan bakteri bertahan lebih lama di permukaannya, yaitu sekitar 72 jam. Bahkan virus Corona varian Omicron dapat bertahan selama 193 jam di permukaan plastik.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan remote TV atau AC dengan lap yang telah dibasahi dengan cairan antiseptik maupun lap disinfektan, ya.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img