28 C
Makassar
Senin, September 20, 2021
BerandaHealthBerbagai Gangguan Kesehatan Akibat Jarang Minum Air

Berbagai Gangguan Kesehatan Akibat Jarang Minum Air

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Gangguan kesehatan yang disebabkan kurang air bergantung pada seberapa rendah kadar air yang ada dalam tubuh. Gejala yang muncul sangat bervariasi, mulai dari yang ringan, berat, hingga fatal. Bahkan, kondisi ini dapat mengancam jiwa.

Di bawah ini beberapa gangguan kesehatan yang dipicu oleh rendahnya kadar air dalam tubuh karena jarang minum air putih.

Gangguan fungsi tubuh secara umum

Gejala kurang air dalam tubuh secara umum dikategorikan oleh lamanya tubuh kekurangan air, yaitu akut dan kronis. Kurang air tubuh akut (dalam jangka pendek) dapat memicu beberapa gejala di bawah ini.

Gangguan termoregulasi (penyesuaian suhu tubuh tanpa terpengaruhi perubahan lingkungan)
Kebingungan atau merasa linglung
Sakit kepala atau vertigo
Sulit berkonsentrasi
Lemas atau lemah
Otot kaku
Kulit mengerut/keriput
Nyeri dada dan perut
Detak jantung cepat
Tekanan darah menurun
Lalu, apabila Anda mengalami kurang air akibat jarang minum air putih dalam jangka waktu yang lama (kronis), gejala yang muncul yakni di bawah ini.

Sembelit
Infeksi saluran kemih
Pembentukan batu pada saluran kemih
Hipertensi
Batu empedu
Penyakit gigi

Gangguan fungsi organ akibat jarang minum air putih
Di bawah ini penjelasan lebih spesifik bagaimana kurang air tubuh memengaruhi fungsi organ tertentu akibat Anda jarang minum.

1. Fungsi otak
Saat tubuh kurang air, fungsi kognitif dalam otak seperti atensi (perhatian atau konsentrasi) dan memori (daya ingat) akan terganggu.

Selain itu, mood atau suasana hati dapat mengalami perubahan dengan ditandai rasa kantuk atau penurunan performa fisik.

BACA JUGA :  Jika Kurang Cukup Tidur Sebelum Vaksin, Apa Efeknya?

2. Ginjal dan saluran kemih
Gangguan pada saluran kemih pertama yaitu terjadi pembentukan batu. Untuk menghindari hal ini, Anda direkomendasikan untuk meningkatkan asupan air untuk menghasilkan 2,3 liter urine per hari.

BACA JUGA :  11 Olahraga Rutin untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Anda

Kurang air tubuh juga dapat memicu infeksi saluran kemih yang disebabkan faktor seperti volume, aliran, dan frekuensi buang air urine menurun. Selain itu, kekurangan air meningkatkan risiko kerusakan ginjal hingga memicu kanker kandung kemih.

3. Saluran pencernaan
Jika hanya buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu dan konsistensi feses lebih keras, itu berarti Anda mengalami sembelit akibat jarang minum air putih. Sembelit (konstipasi) terjadi saat Anda mengalami kondisi kurang air tubuh yang kronis.

Lalu, kurang air tubuh juga dapat memicu pembentukan batu empedu yang rentan menyebabkan komplikasi serius.

4. Kesehatan kulit
Air merupakan komponen utama kulit (terdiri atas 64% air). Jika Anda mengalami kurang air tubuh, elastisitas dan kekenyalan kulit akan berkurang. Dengan kata lain, jarang minum air dapat memengaruhi kecantikan Anda.

5. Fungsi dan kondisi mata
Mata membutuhkan air untuk mencegah terjadinya mata kering dan rasa tidak nyaman. Selain itu, penglihatan juga dapat menjadi kabur, rasa gatal, hingga jumlah cairan mukus (lendir) mata akan meningkat jika Anda jarang minum air putih.

6. Kemampuan otot
Fungsi otot dibagi menjadi strength (kekuatan), power (tenaga), dan endurance (ketahanan). Saat Anda kurang air, fungsi otot tersebut akan mengalami keterbatasan. Oleh karena itu, asupan air penting saat Anda melakukan aktivitas fisik.

Kurang air tubuh merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Berbagai macam fungsi tubuh dapat mengalami penurunan dan bahkan dapat memicu gangguan kesehatan yang bersifat fatal.
Sumber: hellosehat.com

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.274,1
EUR
16.719,5
JPY
130,2
KRW
12,0
MYR
3.404,7
SGD
10.557,6
BACA JUGA :  Berbagai Masalah Kejiwaan yang Mungkin Terjadi Akibat Kurang Tidur
- Advertisment -