28 C
Makassar
Senin, September 20, 2021
BerandaHealthBerbagai Penyebab Stres yang Perlu Diketahui

Berbagai Penyebab Stres yang Perlu Diketahui

- Advertisement -

 

SULSELEKSPRES.COM – Stres adalah hal yang normal dan sampai batas tertentu ia merupakan bagian penting dari kehidupan. Meskipun semua orang bisa mengalami stres, tetapi setiap orang bisa memiliki penyebab stres yang berbeda-beda.

Stres sebetulnya dapat memotivasi kamu untuk bisa mencapai tujuan. Namun, jika kamu tidak bisa mengatasi stres dan ia malah terjadi dalam jangka panjang, itu bisa sangat mengganggu pekerjaan, kehidupan keluarga, dan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan akibat stres, mereka akan mengalami gejala fisik dan emosional yang cukup mengganggu produktivitas.

Beberapa Jenis Penyebab Stres
Berikut ini adalah beberapa penyebab stres yang cukup umum:

1. Masalah Keuangan

Ada beberapa tanda-tanda stres keuangan seperti kerap berdebat dengan orang terdekat tentang uang, takut membuka surat atau menjawab telepon, merasa bersalah karena menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting, hingga khawatir dan merasa cemas tentang uang. Dalam jangka panjang, stres yang berkaitan dengan keuangan menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menyebabkan sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, insomnia, dan perasaan sakit secara umum.

2. Pekerjaan

Penyebab stres selanjutnya bisa berkaitan dengan pekerjaan, seperti misal terlalu banyak pekerjaan, ketidakamanan kerja, ketidakpuasan dengan pekerjaan atau karier, dan konflik dengan bos dan/atau rekan kerja. Faktor-faktor di luar pekerjaan itu sendiri juga memiliki peran dalam stres kerja, termasuk susunan psikologis seseorang, kesehatan umum, kehidupan pribadi. dan jumlah dukungan emosional yang mereka miliki di luar pekerjaan.

Akibat stres di tempat kerja, seseorang bisa mengalami penurunan performa kerja, berkurangnya kreativitas dan inisiatif saat bekerja, sering sakit, tidak sabaran, dan merasa frustasi.
3. Hubungan Pribadi

BACA JUGA :  Pemkot Apresiasi Pelaksanaan Rapid Test Antigen Karyawan Kalla Group

Semua orang pasti punya satu ada beberapa orang dalam hidup yang jadi penyebab stres. Bisa jadi anggota keluarga, pasangan, teman, atau rekan kerja. Hubungan dengan mereka bisa sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Terkadang, stres hubungan pribadi juga dapat dikaitkan dengan hubungan dengan orang-orang di platform media sosial. Media sosial juga cenderung secara alami mendorong membandingkan diri sendiri dengan orang lain, yang dapat menyebabkan stres karena merasa tidak mampu.

BACA JUGA :  Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Wajah Kusam

4. Mengasuh Anak

Orang tua kerap bingung bagaimana cara tepat untuk membagi waktu untuk pekerjaan, tugas rumah tangga, dan mengasuh anak-anak. Tuntutan ini kemudian jadi penyebab stres. Sumber stres dalam pengasuhan anak mungkin termasuk penghasilan rendah, jam kerja yang panjang, pengasuhan tunggal, ketegangan dalam pernikahan, atau membesarkan anak yang telah didiagnosis dengan gangguan perilaku atau cacat perkembangan.

5. Kesibukan Sehari-Hari

Meski sepele, tapi hal-hal sehari-hari juga bisa jadi penyebab stres. Apalagi kini orang semakin sibuk dengan pekerjaan mereka. Dalam beberapa kasus, kesibukan disebabkan oleh kebutuhan, seperti harus mengerjakan pekerjaan sampingan. Di lain waktu, stres ini karena rasa bersalah dan tidak ingin mengecewakan orang lain. Orang mungkin tidak mengatakan “tidak” dan akhirnya memiliki sedikit waktu untuk diri mereka sendiri, atau mereka mengabaikan kebutuhan dasar mereka sendiri.
Sumber: halodoc.com

BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.274,1
EUR
16.719,5
JPY
130,2
KRW
12,0
MYR
3.404,7
SGD
10.557,6
BACA JUGA :  Selain Menyehatkan, Peluk Anak Ternyata Sangat Bermanfaat
- Advertisment -