31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaHealthBerbagai Khasiat Mengonsumsi Air Rebusan Kunyit

Berbagai Khasiat Mengonsumsi Air Rebusan Kunyit

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Selain dipakai untuk menguatkan rasa dan pewarna alami pada masakan, kunyit ternyata juga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

Membantu mengurangi gejala arthritis

Sebagai rempah dengan kandungan antiinflamasi, kunyit bisa membantu meredakan gejala arthritis yang kamu alami.

Membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh

Selain itu, kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Ini karena kandungan antioksidan, antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri yang dimilikinya.

Mengurangi risiko komplikasi akibat masalah kardiovaskular

Kunyit diyakini memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan organ jantung karena sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dipunyainya. Mengonsumsi sebanyak 4 gram kunyit setiap hari selama sekitar tiga hari sebelum dan lima hari sesudah menjalani operasi bypass arteri koroner, bisa mengurangi risiko serangan jantung atau infark miokard akut hingga sebesar 17 persen.

Mengobati dan mencegah kanker

Salah satu sifat terapeutik dari kunyit adalah manfaatnya sebagai zat antikanker. Sebagai rempah dengan kandungan antiradang dan antioksidan, kunyit dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker. Tak hanya itu, rempah ini juga punya manfaat antitumor dengan cara membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran dari sel kanker.

Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar atau IBS

Kunyit sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan. Salah satunya adalah manfaatnya dalam membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar atau IBS.

Mengobati dan mencegah Alzheimer

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengurangi kemungkinan munculnya masalah neurodegeneratif. Manfaat antiperadangan dan antioksidannya dianggap mampu mengurangi terjadinya peradangan, kerusakan sel, dan endapan atau plak amiloid yang umum terjadi pada pengidap Alzheimer. Selain itu, mengonsumsi kunyit juga membantu memperlambat bahkan mencegah terjadinya perubahan protein yang berhubungan dengan masalah neurodegeneratif.

Melindungi organ hati

Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati. Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan, sekaligus membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

Mengelola dan mencegah diabetes

Pengobatan tradisional sudah lama memakai kunyit sebagai salah satu bahan alami untuk membantu mengelola dan mencegah terjadinya penyakit diabetes. Suplementasi yang mengandung kunyit diyakini memiliki kandungan antidiabetes.

Merawat dan menjaga kesehatan paru

Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang. Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, kanker atau cedera pada paru, PPOK, dan fibrosis paru dan kistik.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline