31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealthBerbagai Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Semangka merupakan buah yang kerap dihubungkan dengan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan. Bukan hanya itu, ternyata buah ini juga dapat bermanfaat terhadap kehamilan. Sebab, buah ini sarat akan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Berikut beberapa manfaat semangka untuk ibu hamil:

1. Meredakan Morning Sickness

Salah satu manfaat dari konsumsi semangka saat hamil adalah mampu meredakan mual dan muntah yang terjadi di pagi hari.

Dengan mengonsumsi buah ini di pagi hari, tubuh dapat terasa segar dan lebih ringan. Makanan ini juga mengandung nutrisi dan energi yang dapat mencegah terjadinya mual di pagi hari.

Saran yang bisa dilakukan adalah konsumsi jus semangka di pagi hari sebelum memulai hari.

2. Mengurangi Kram Otot

Selama kehamilan, tubuh wanita banyak mengalami perubahan untuk membantu tumbuh-kembang janin.

Hal ini dapat membuat tubuh menahan beban berlebih dan hormon yang menyebabkan otot dan tulang terasa sakit.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi perasaan sakit tersebut adalah dengan mengonsumsi buah semangka.

Nutrisi dalam buah ini dapat mengatasi rasa sakit akibat perubahan tersebut, serta meredakan kram pada otot-otot di tubuh.

3. Meredakan Asam Lambung Berlebih

Semangka dapat memberi rasa tenang pada perut dan saluran pencernaan. Pada wanita hamil, masalah pencernaan seperti maag dan mulas rentan dialami.

Dengan mengonsumsi semangka, sifat pendinginannya dapat membantu dalam meringankan masalah pencernaan, bahkan secara instan.

Maka dari itu, konsumsi buah ini setiap merasa maag dan mengalami masalah pencernaan.

4. Mengurangi Pembengkakan

Saat hamil, wanita rentan mengalami pembengkakan pada bagian tubuhnya, termasuk kaki dan tangan. Ternyata, semangka dapat mengurangi risiko untuk mengalami masalah ini.

Sebab, buah ini memiliki kandungan air

yang tinggi, sehingga dapat mengurangi sumbatan di pembuluh darah dan otot penyebab pembengkakan.

5. Mengatasi Konstipasi

Sembelit adalah masalah yang umum terjadi selama kehamilan. Semangka memang terkenal sebagai dalam melancarkan pencernaan, sehingga mampu mengatasi konstipasi.

Buah ini kaya akan serat yang dapat mendorong pembentukan tinja, membersihkan saluran pencernaan, serta menciptakan tekanan pada usus agar melancarkan BAB.

6. Mengurangi Ruam Panas

Ruam panas adalah salah satu masalah kehamilan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi semangka. Jika masalah ini dibiarkan, tubuh berisiko mengalami

iritasi dan gatal.

Buah ini memiliki daya hidrasi dan sifat pendinginan yang tinggi, sehingga mampu mengatasi ruam tersebut. Buha ini pun sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi semangka untuk ibu hamil yang bisa didapatkan.

Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, terlebih di pagi hari, ibu akan merasa lebih segar dan sehat, sehingga lebih ringan dalam melakukan aktivitas. Ibu bisa lho mengolahnya menjadi jus buah atau mengonsumsi dagingnya secara langsung.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer