26 C
Makassar
Selasa, Maret 5, 2024
BerandaDaerahBimtek Kader Posyandu, Upaya PKK Gowa Tingkatkan Keterampilan 205 Kader Posyandu

Bimtek Kader Posyandu, Upaya PKK Gowa Tingkatkan Keterampilan 205 Kader Posyandu

- Advertisement -
- Advertisement -

GOWA, SULSELEKSPRES.COM — Pentingnya peningkatan kapasitas kader Posyandu menjadi fokus Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa. Hal tersebut dibuktikan dengan terselenggaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Posyandu Kabupaten Gowa Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Salabea Kecamatan Manuju, Rabu (22/11/2023).

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melaksanakan tugasnya.

“Kader Posyandu harus mampu menjadi pengelola Posyandu dengan baik karena kader lah yang memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat, selain itu kader Posyandu adalah ujung tombak pembangunan berwawasan kesehatan di desa, pada wilayah Posyandu masing-masing bekerja secara sukarela dan tanpa kenal lelah,” jelas istri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaggani ini.

Ia juga mengharapkan untuk setiap pemerintah desa, pemerintah kecamatan, memberikan support atau memfasilitasi setiap kader Posyandu dalam setiap kegiatan.

Para kader juga diharapkan untuk benar-benar menyimak materi Bimtek dengan seksama, demi terwujudnya kader Posyandu yang cerdas dan juga terampil dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Saya berharap kami ibu-ibu kader Posyandu dapat menyimak secara baik segala materi yang diberikan oleh narasumber sehingga dapat mengetahui wawasan peningkatan kapasitas dan kemampuan dalam melaksanakan tugas masing-masing,” pesan Mussadiyah kepada para kader Posyandu se-Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muh Basir yang hadir pada kesempatan tersebut meminta kepada 205 orang kader yang hadir pada Bimtek tersebut untuk segera menindaklanjuti materi yang telah diperoleh pada Posyandu masing-masing.

“Saya berharap kepada para kader Posyandu materi yang diterima untuk segera ditindaklanjuti di lapangan, ditularkan kepada para kader Posyandu yang lain ilmu yang diperoleh tersebut,” tegasnya.

BACA JUGA :  Syifa, 'Taulolonna' Gowa Terpilih Jadi Duta Genre Sulsel 2023

Basir juga berharap kepada seluruh ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk dapat menindaklanjuti ke desa-desa terkait dengan 10 Program Pokok PKK.

“Termasuk didalamnya bidang kesehatan, bagaimana stuntingnya, bagaimana balita kurang gizinya, bagaimana ibu hamil KEKnya dan bagaimana lansianya, karena kami paham bahwa di desa itu masih ada masyarakat yang belum memahami tentangnya program kegiatan PKK,” tambahnya.

Adapun pemateri pada Bimtek Kader Posyandu Kabupateb Gowa Tahun 2023 ini diantaranya, Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Gowa, dr Faridah, Sekretaris Pokja IV PKK Gowa, Nurmiaty dan Anggota Pokja IV PKK Gowa, dr Tri Oktaviani.(AF)

spot_img

Headline

Populer