24 C
Makassar
Rabu, Desember 1, 2021
BerandaPSMBojan Hodak Ungkap Kualitas Pemain Sepakbola Indonesia

Bojan Hodak Ungkap Kualitas Pemain Sepakbola Indonesia

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pelatih kepala PSM Makassar, Bojan Hodak, mengungkapkan kualitas sepakbola yang ada di Indonesia. menurutnya, secara kualitas pesepakbola Indonesia masih tertinggal jauh dari Eropa.

Pelatih yang menangani PSM sejak awal musim 2020 ini, sebelumnya pernah menangani tim asal Malaysia dan meraih juara bersama Johor Darul Ta’zim (JDT).

Meski masih terlalu singkat berkiprah di Indonesia, tetapi Bijan sudah bisa menilai perbedaan kualitas tim dan pemain Indonesia ketimbang Eropa, khususnya dari segi fisik.

“Secara fisik, masih jauh dari [kualitas] liga-liga di Eropa,” ujar Bojan, dilansir dari laman Goal.com.

Selain Eropa, Bojan juga membandingkan kualitas pemain Indonesia dan pemain yang berlaga di kompetisi Malaysia Super League (MSL).

“Mereka [para pemain Indonesia] kuat berlari, tapi kelelahan setelah 60 menit. Secara teknik dan taktik, Malaysia sedikit lebih baik, klub-klub top mereka bisa bermain di HNL 1 [divisi utama Kroasia]. Sementara klub-klub Indonesia berada di level HNL 2.”

“Para pemain asing yang ada di sana bagus dan mendapat gaji yang layak, mereka semua bisa bermain di liga utama kita,” lanjut Hodak.

“Namun untuk para pemain lokal, tekniknya, seperti yang mereka tunjukkan, sedikit disfungsional. Itu masalah terbesar, sama seperti di seluruh Asia, buruk dalam mengembangkan pemain muda,” terangnya.

Penulis : Widyawan Setiadi

BACA JUGA :  Berikut Jadwal Lengkap PSM Makassar di Shopee Liga 1 2019
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3