27 C
Makassar
Wednesday, April 24, 2024
HomeDaerahBupati Gowa Dorong Kolaborasi Pemerintah dan Universitas Wujudkan Tridharma Perguruan Tinggi

Bupati Gowa Dorong Kolaborasi Pemerintah dan Universitas Wujudkan Tridharma Perguruan Tinggi

- Advertisement -

GOWA,SULSELEKSPRES.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menilai dalam mendukung terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi dibutuhkan kerjasama antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah melalui program kemitraan sektor pendidikan.

Hal ini dikatakannya saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Politeknik STIA LAN Makassar Tahun 2023 di Ballroom Hotel Aston Makassar, Kamis (9/3/2023).

Pada kesempatan tersebut Bupati Gowa dua periode ini membahas terkait peningkatan kemitraan pemerintah dan perguruan tinggi dalam mendukung tridharma perguruan tinggi.

Adnan mengaku, kemitraan Pemerintah Kabupaten Gowa dengan berbagai perguruan tinggi telah terjalin sejak lama. Sebab ia menilai program kemitraan sangat membantu dalam merealisasikan program-program pemerintah.

Apalagi sejak pemerintahan Bupati Gowa sebelumnya, Alm Ichsan Yasin Limpo, Kabupaten Gowa telah memprioritaskan sektor pendidikan melalui sejumlah program antara lain, Pendidikan Gratis dan Beasiswa Seperempat Abad.

“Kami sejak dulu sangat konsen terhadap peningkatan SDM salah satu didalamnya yaitu persoalan pendidikan. Alhamdulillah kedua program ini telah dikerjasamakan dengan berbagai universitas ternama di Indonesia,” ungkapnya.

Tak hanya itu, program Beasiswa Seperempat Abad ini bahkan diperluas dengan bekerjasama universitas terbaik di Sulawesi Selatan yang dinamai program Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana. Implementasi program ini yaitu berkuliah di universitas ternama yang dibiayai pemerintah desa atau kelurahan.

“Program ini juga sudah berjalan dan kami telah menandatangani nota kesepahaman bersama beberapa universitas seperti Unhas, UMI, UNM, UIN Alauddin, dan Unismuh,” tambah Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Bupati Adnan berharap dengan berbagai kemitraan yang dilakukan tersebut, nantinya STIA LAN juga bisa melakukan kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara Direktur Politeknik STIA LAN Makassar, Sulaeman Fattah mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan akreditasi STIA LAN Makassar. Dimana salah satu dalamnya yakni peningkatkan kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah, sehingga salah satu yang sangat cocok dengan hal ini adalah Bupati Gowa yang sangat perhatian dengan pendidikan.

“Kami melihat Pemerintah Kabupaten Gowa ini memiliki konsen terhadap pendidikan seperti Satu Desa/Kelurahan, Satu Hafidz dan Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana, sehingga beliau sangat cocok menjadi narasumber pada rapat kerja kita,” jelasnya.

Pada rapat kerja ini, Bupati Gowa turut didampingi Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan dan diikuti para dosen dan civitas akademik STIA LAN Makassar.

spot_img

Headline

Populer

spot_img