29 C
Makassar
Thursday, June 13, 2024
HomeMetropolisGubernur Sulsel Hadiri Jambore Penyuluh Pertanian dan Panen Padi

Gubernur Sulsel Hadiri Jambore Penyuluh Pertanian dan Panen Padi

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM– Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T membuka Jambore Penyuluh Pertanian dan Kontes Kopi se-Sulawesi-Selatan, yang berlangsung di Lapangan Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kamis (9/3/2023).

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T juga menghadiri panen raya program mandiri benih di Desa Palakka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

Wakil Bupati Bone Drs.H. Ambo Dalle, M.M juga nampak hadir pada pelaksanaan kegiatan panen padi hasil Program Mandiri Benih Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023.

Selain itu, hadir pula Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel beserta jajarannya, para Penyuluh Pertanian se Sulsel, Kapolres Bone, Danramil 1407-19/Kahu mewakili Dandim 1407 Bone, Staf Ahli Bupati Bone, Kasat Pol PP Bone, Kepala Dinas TPHP Bone, Kepala Dinas BMCKTR Bone Kepala Dinas Perdagangan Bone, Kepala BPS Bone, Camat Kahu, Forkopimcam Kahu, Kepala Desa se-Kecamatan Kahu serta tamu undangan lainnya.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan panen padi melalui benih program Mandiri Benih menyampaikan kalau hasil panen di Desa Palakka meningkat. Tahun ini, hasil ubinan 8,4 kg atau jika dikonversi 13,4 ton per hektar. Jika dibandingkan tahun lalu itu, sekitar 6,97 ton per hektar.

“Alhamdulillah, terjadi peningkatan signifikan hasil panen padi melalui program Mandiri Benih oleh Pemprov Sulsel TA 2022. Kita turut senang dengan kabar gembira dari petani yang merasakan manfaat peningkatan produksinya,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kepada seluruh penyuluh pertanian yang membantu dalam menjaga ketahanan pangan dan membuat Sulawesi Selatan sebagai overstok tertinggi di Indonesia.

“Panen Raya Program Mandiri Benih ini memberikan motivasi masyarakat untuk bertani dengan baik dan alhamdulillah meningkat sampai 13 ton yang biasanya hanya 6 ton perhektar,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut, Menurut Andi Sudirman Sulaiman (ASS) menjelaskan selama tahun 2022, Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan telah menyalurkan bantuan benih padi gratis kepada petani sebanyak 2.511.350 kg atau 2.511 ton untuk lahan pertanian seluas 100.454 hektare.

Dikatakan, ASS menambahkan program prioritas ini akan kembali dilanjutkan di tahun 2023. Rencananya, tahun ini akan disalurkan sebanyak 2,5 juta kg atau 2,5 ribu ton untuk lahan pertanian seluas 100 ribu hektare.

“Insya Allah, tahun ini kembali akan kita salurkan bantuan Mandiri Benih padi untuk 100 ribu hektar lahan pertanian se Sulsel. Mari kita bersinergi menjaga ketahanan pangan melalui program Mandiri Benih,” tambahnya.

“Bangkit dan jaya terus Penyuluh Pertanian serta kopi Sulawesi Selatan,” seru Andi Sudirman.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman mengungkapkan, program mandiri benih terbukti mendongkrak pendapatan petani.

“Produksi padi meningkat drastis. Disamping mandiri benih, kita juga ada program IP400. Alhamdulillah, dengan sinergitas yang baik antara Pemprov Sulsel dan Pemda Bone, pendapatan petani kita ikut terdongkrak yang secara otomatis tentu berpengaruh terhadap kesejahteraan petani,” ungkap Kakak Kandung Gubernur Sulsel ini.

Sekedar diketahui, dalam rangkaian kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian dan Kontes Kopi Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, S.T.

Adapun rangkaian kegiatanny meliputi Jalan Sehat Anti Mager, Pameran Kopi, Dialog Interaktif, Kontes Kopi, Meracik Kopi (UMKM Kopi) dan Lomba Sortir Kopi (Petani) serta pembagian doorprize kepada pemilik kupon berhadiah yang beruntung.

Kegiatan berlangsung hingga Jumat (10/3/2023) besok, di Lapangan Mappesangka, Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img