24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeHealthCara Mengatasi Overthinking

Cara Mengatasi Overthinking

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Overthinking merupakan kondisi yang sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Oleh karena itu, bila berbagai ciri dan tanda overthinking muncul, kamu bisa coba mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Mencoba mencari tahu pemicunya

Cara mengatasi overthinking yang paling utama adalah mencari tahu pemicunya. Setelah mengetahui pemicunya, kamu bisa mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dari apa yang membuatmu overthinking.

Bila kamu merasa kesulitan menentukan pemicu dan solusinya, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan psikolog.

2. Memberikan batasan waktu sebelum mengambil keputusan

Seseorang yang overthinking akan merasa kesulitan saat dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan dirinya mengambil keputusan. Hal ini karena orang tersebut tidak ingin mengambil langkah yang salah.

Untuk mengatasinya, kamu dapat memberikan batasan waktu untuk mengambil keputusan agar tidak terus berlarut-larut dalam pikiran tersebut.

Selain itu, agar pikiranmu tetap fokus, kamu bisa membuat daftar prioritas akan solusi-solusi yang kamu hendak ambil. Kamu bisa mengurutkannya berdasarkan besarnya manfaat yang bisa diambil.

3. Mencari pengalihan

Setelah mengetahui pemicu dan menetapkan penyelesaiannya, kamu bisa mulai untuk mencari kesibukan lain yang menyenangkan. Hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu fokus pada pemicu overthinking tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran. Caranya, kamu harus berada di tempat tenang dan nyaman, lalu pastikan tubuh dalam keadaan rileks dan mulai atur napas sambil memikirkan hal-hal positif.

4. Merangkul rasa takut

Pastinya akan ada beberapa hal yang selalu berada di luar kendalimu. Belajar untuk menerima risiko yang akan terjadi nantinya bisa sangat membantu kamu untuk membatasi pikiran yang berlebihan. Jadi, jangan takut untuk menghadapi hal-hal buruk yang dapat terjadi, ya.

5. Menerima kegagalan

Selain itu, orang yang overthinking sering kali berpikir bahwa dirinya salah ketika mengalami kegagalan. Padahal, hal ini justru bisa memicu terjadinya stres.

Daripada menyesali hal-hal yang sudah terjadi, lebih baik kamu berpikir ke depan untuk menjadi lebih baik dan menjadikan kegagalan ini sebagai sebuah pelajaran.

Overthinking pastinya tidak akan hilang begitu saja, kamu bisa terus mengulangi cara mengatasi overthinking di atas agar dapat terhindar dari kondisi tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk terus bersyukur agar dapat membantu pikiran kamu untuk terus berpikir positif.

Sumber:Alodokter

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img