25 C
Makassar
Rabu, Januari 19, 2022
BerandaHealthCara Menghilangkan Pori-pori Tersumbat

Cara Menghilangkan Pori-pori Tersumbat

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pori-pori kamu tersumbat, seperti polusi di udara, minyak dari tangan kamu yang berpindah ke wajah saat kamu menyentuh wajah kamu, keringat, dan juga kulit mati. Ketika pori-pori tersumbat, komedo hitam dan komedo putih bisa bermunculan dan membuat kulit kamu kusam.

Namun, tidak perlu khawatir, berikut cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan pori-pori:

Gunakan Strip Pori-pori

Sekarang ini, sudah ada pore strip atau strip khusus untuk menghilangkan pori-pori yang bisa kamu temukan di banyak toko kecantikan atau supermarket. Strip ini memiliki perekat yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri, minyak, kulit mati dan apapun yang ada di permukaan kulit.

Cara menggunakannya, bersihkan wajah terlebih dahulu dan biarkan area hidung tetap basah. Lalu, tempelkan pore strip pada hidung dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, lepaskan pore strip dan bilas area hidung dengan air.

Masker Charcoal

Sudah digunakan dalam banyak produk perawatan kulit, charcoal adalah bahan aktif yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran, polusi dan racun dari pori-pori. Salah satu produk charcoal yang bisa kamu coba untuk menghilangkan pori-pori tersumbat adalah masker charcoal.

Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu tempelkan masker charcoal pada wajah, dan biarkan selama 5-10 menit sebelum melepasnya. Beberapa jenis masker akan mengeras dan bisa dilepas dari wajah dengan cara ditarik tanpa meninggalkan sisa, sementara jenis makser lainnya meninggalkan sisa, sehingga perlu dibilas.

Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah adalah perawatan untuk membersihkan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah. Dengan melakukan perawatan ini, kamu bisa menghilangkan pori-pori tersumbat.

BACA JUGA :  Pemkot Apresiasi Pelaksanaan Rapid Test Antigen Karyawan Kalla Group

Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa kamu pilih, yaitu manual dan kimia. Pada eksfoliasi secara manual, kamu bisa menggunakan waslap hangat, sikat atau scrub untuk melakukan pengelupasan kulit wajah. Sementara eksfoliasi kimia menggunakan bahan-bahan kimia, seperti asam alfa hidroksi, asam beta hidroksi, retinol, atau enzim topikal untuk membersihkan pori-pori. Eksfoliasi kimia sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit.

Ekstraksi

Pada perawatan wajah ini, dokter kulit akan menggunakan alat pengekstrak atau tangan mereka sendiri untuk menekan area pori-pori yang tersumbat dan mengeluarkan komedo. Setelah ekstraksi, dokter akan menggunakan antibakteri atau antiseptik untuk mengembalikan kulit ke pH alami dan mencegah jerawat.

Itulah cara sederhana menjaga kebersihan pori-pori. Bila pori-pori tersumbat pada wajah kamu tidak mau hilang juga dan kamu terus mengalami jerawat setelah mencoba metode di atas, segera temui dokter kulit.

Sumber: halodoc.com

BACA JUGA

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.318,8
EUR
16.268,5
JPY
123,9
KRW
12,0
MYR
3.401,9
SGD
10.563,6