24 C
Makassar
Senin, Juni 27, 2022
BerandaRagamCara Mudah Redakan Nyeri Akibat Kista

Cara Mudah Redakan Nyeri Akibat Kista

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kista adalah jaringan yang menggelembung dan di dalamnya terdapat cairan. Gangguan ini bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh dan pada wanita, kista lebih sering tumbuh di dalam rahim khususnya di ovarium. Kista jenis ini muncul akibat endometriosis yang tumbuh hingga menjalar ke arah ovarium.

Kista yang muncul pada wanita tidak memiliki sifat kanker dan tergolong tumor jinak. Meski demikian, karena tumbuhnya lebih sering di ovarium ada kemungkinan terjadi masalah pada kesuburan dan yang paling sering terjadi adalah munculnya rasa nyeri yang hebat sehingga mengganggu aktivitas wanita.

BACA: Sering Diabaikan Wanita, Kenali Tanda Kanker Serviks

Kalau Anda memiliki kista dan sering mengalami nyeri di area perut yang sudah ditahan, lakukan beberapa hal di bawah ini seperti dilansir doktersehat:

Pijatan lembut

Kalau area di bawah perut terasa tidak nyaman dan sakit yang cukup kuat muncul, ada baiknya untuk melakukan pijatan lembut. Anda bisa menggunakan salep yang memberikan rasa hangat saat melakukan pijatan lembur. Oh ya, kalau saat dipijat terasa lebih sakit lebih baik dihindari saja.

BACA: Cara Redakan 5 Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Kalau pemijatan tidak cocok lebih baik hanya diolesi dengan salep atau bahan lain yang memberikan efek hangat atau dingin. Selanjutnya lakukan istirahat dengan baik. Ubah posisi tidur agar tidak menekan ke area perut dan memicu rasa sakit muncul kembali.

Kompres dengan air hangat

spot_img
spot_img

Headline