25 C
Makassar
Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaRagamCegah Dehidrasi Saat Puasa, Minimal Minum Delapan Gelas

Cegah Dehidrasi Saat Puasa, Minimal Minum Delapan Gelas

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dehidrasi atau kekeurangan cairan selama berpuasa bisa saja tidak terjadi, jika Anda bisa mneakar porsi mengonsumsi air mineral ataupun asupan makanan yang mengandung air.

Dilansir dari hellosehat.com, Dehidrasi ringan biasanya tak begitu berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, dehidrasi sedang hingga serius sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa Anda. Bila Anda mengalami dehidrasi yang cukup parah, sebaiknya segera cari layanan kesehatan darurat.

Bila kasus dehidrasi tak segera ditangani, Anda berisiko mengalami gangguan fungsi ginjal dan penyakit batu ginjal. Dehidrasi juga dapat menyebabkan kerusakan otot dan gangguan pencernaan, misalnya sembelit. Dalam kasus yang ekstrem, dehidrasi bisa menyebabkan hilang kesadaran (pingsan) atau bahkan kematian.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi serius ketika berpuasa, pastikan Anda tetap minum delapan gelas air dalam sehari. Anda bisa membagi delapan gelas air saat sahur dan berbuka puasa. Sebaiknya Anda juga sahur dan berbuka dengan menu yang kaya akan beragam nutrisi penting.

Bila Anda sedang diare, muntaber, atau mengidap penyakit tertentu, konsultasikan dulu dengan dokter Anda apakah Anda bisa melanjutkan puasa. Pasalnya, penyakit-penyakit tertentu seperti demam berdarah atau tifus bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan tanpa ada penggantinya.

Selain itu, Anda harus waspada kalau sudah merasakan gejala-gejala dehidrasi ringan. Langsung hentikan atau kurangi aktivitas berat dan cari tempat meneduh yang udaranya cukup lembap. Anda juga bisa mengoleskan pelembap pada bibir dan kulit yang kering. Hal-hal ini bisa mencegah tanda dehidrasi saat puasa yang lebih serius.

spot_img
spot_img

Headline