29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaMetropolisCovid-19: 5 Provinsi Dapat Pengawasan, Sulsel Masih Aman

Covid-19: 5 Provinsi Dapat Pengawasan, Sulsel Masih Aman

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Penyebaran Covid-19 di Indonesia kembali mengalami kenaikan di 5 Provinsi di Indonesia. Pemerintah akan melakukan pengawasan khusus untuk 5 provinsi ini.

Lima daerah ini yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) belum termasuk dalam 5 daerah yang harus mendapat pengawasan lebih.

Dalam konferensi pers secara daring, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, telah terjadi kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia

“Beberapa kabupaten/kota di Jawa dan Bali dan juga ada di luar Jawa dan Bali totalnya sekitar 155 yang sudah ada gejala kenaikan,” kata Budi Sadikin, Senin (8/11/2021).

Presiden Jokowi sendiri disebutnya telah memerintahkan agar ada pengawasan lebih untuk 5 provinsi yang paling tinggi mengalami kenaikan. Diharapkan dengan penanganan sejak awal bisa meminimalisir potemsi kembali terjadi ledakan.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap bahwa terjadi tren kenaikan kasus Covid-19 di Jawa-Bali dalam 7 hari terakhir.

Kenaikan kasus terjadi di 43 dari 128 kabupaten/kota di Jawa-Bali atau 33,6 persen daerah.

Pemerintah disebut bakal mengumpulkan pemerintah daerah di 43 kabupaten/kota itu untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan.

Presiden pun meminta seluruh pihak berhati-hati mewaspadai lonjakan pandemi Covid-19. Terlebih karena sejumlah negara di Eropa mengalami kenaikan kasus.

“Beliau (Presiden Jokowi) menyampaikan bahwa kita harus betul berhati-hati dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Luhut.

Sementara itu, pemerintah provinsi Sulsel melalui pelaksana tugas (Plt) Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman mengaku terus berupaya mengatasi laju penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan terus menggenjot vaksinasi bagi warga.

BACA JUGA :  Wagub Sudirman Sulaiman Paparkan Penanganan Covid-19 di Sulsel

Dalam rapat Koordinasi Forkopimda Sulawesi Selatan bersama dengan Bupati/Walikota, Dandim dan Kapolres, Andi Sudirman Sulaiman berharap seluruh kepala daerah di Sulsel untuk bersama-sama meningkatkan cakupan vaksinasi sesuai dengan arahan Presiden RI.

“Intinya bahwa saya menginginkan bahwa dalam satu atau sepuluh hari ke depan itu semua sudah cocok datanya dan percepatan vaksinasi terus dilakukan,” harapnya, Rabu (3/11/ 21).

(yusdin)

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3