25 C
Makassar
Kamis, Mei 13, 2021
BerandaRagamDampak Minum Air Dingin Setelah Bangun Tidur

Dampak Minum Air Dingin Setelah Bangun Tidur

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kita tentu pernah mendengar anggapan yang menyebut langsung minum air dingin saat bangun tidur, apalagi air yang dikeluarkan dari dalam kulkas akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Bahkan, ada yang menyebut hal ini akan membuat lemak menggumpal dan akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan.

Dilaansir dari laman DokterSehat, sebuah penelitian pun dilakukan untuk memastikan apakah anggapan ini sesuai dengan fakta kesehatan atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 15 partisipan.

Hasilnya adalah, kebiasaan minum air dingin memang bisa mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, khususnya dalam hal membuat lendir di dalam hidung dan saluran pernapasan menjadi lebih kental. Jika kita sedang flu, tentu hal ini akan memperburuk kondisi kesehatan, bukan?

Selain itu, bagi mereka yang sedang migrain, minum air dingin juga bisa memperburuk gejalanya. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, khususnya saat makanan memasuki bagian kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang justru kesulitan untuk mendorong makanan melewati bagian ini.

BACA: Ada Mayat Ibu-ibu Mengapung di Sungai Bone, Ini Identitasnya

Meskipun begitu, jika kita berada dalam kondisi yang sehat, minum air dingin justru bisa memberikan manfaat tersendiri. Saat sedang berolahraga, misalnya, mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kembali membutuhkan energi demi menyesuaikan suhu air dingin yang masuk agar setara dengan suhu internal tubuh. Dampaknya tentu bisa membuat berat badan menurun.

Melihat fakta ini, ada baiknya kita mengonsumsi air putih dengan suhu biasa atau hangat saja di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur. Kita bisa minum air dingin di waktu lain jika ingin mendapatkan kesegaran dan manfaat kesehatannya.

spot_img
- Advertisment -

Headline