25 C
Makassar
Selasa, Januari 19, 2021
Beranda Metropolis Dewan BPKH: Masyarakat Mesti Tahu Pengelolaan Dana Haji

Dewan BPKH: Masyarakat Mesti Tahu Pengelolaan Dana Haji

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Abdul Hamid Paddu menegaskan perlunya masyarakat paham seperti apa bentuk pengelolaan dana haji sehingga menjadi begitu aman bahkan menghasilkan nilai manfaat.

“Manfaatnya sampai 7 triliun tiap tahun dimana seluruh hasilnya itu-itu kembali ke jamaah kemudian dipakai untuk mencukupkan dananya,” kata Hamid.

Masyarakat hanya perlu membayar 50 persen dari dana seharusnya. Kemudian dana tersebut dikelola dan dikembalikan lagi sesuai amanat undang-undang. Namanya nirlaba pembelanja, sehingga calon jamaah haji dapat memenuhi persyaratan yang namanya istitha’ah.

“Kan harus istitha’ah yang mampu secara uang biaya dan mampu secara fisik itu tujuannya untuk menyampaikan sehingga masyarakat merasa tenang merasa aman dan dia yakin bahwa Insya Allah dia kan berangkat dan akan mencukupi dananya,” ungkapnya.

Disampaikan bahwa pertanggungjawaban BPKH untuk menyampaikan kepada masyarakat semua data-data keuangan termasuk berapa keuntungannya dan lain sebagainya. Semuanya disampikan secara terbuka. Bahkan, Di website resmi BPKH juga ada laporan triwulanan yang secara rutin disampaikan.

“Juga selalu sampaikan di website per triwulan ke DPR dan presiden dan diperiksa oleh BPK. Alhamdulillah kami sudah 2 tahun berturut-turut sudah BPT,” tuturnya.

Terakhir, Hamid menambahkan bahwa total dana dari BPKH tahun ini mengalami peningkatan secara signifikan yakni mencapai 1,47 triliun.

- Advertisement -

Headline