24 C
Makassar
Rabu, Maret 22, 2023
BerandaHealthDiet Tanpa Nasi, Penuhi Karbohidrat dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Diet Tanpa Nasi, Penuhi Karbohidrat dengan Mengonsumsi Makanan Ini

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Karbohidrat adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk diolah menjadi energi. Dengan terpenuhinya kebutuhan karbohidrat setiap hari, maka tubuh dapat berfungsi dengan baik, mulai dari fungsi otak, ginjal, jantung, hingga keseluruhan sistem saraf.

Secara umum, kelompok usia dewasa membutuhkan asupan karbohidrat sebesar 45-65 persen dari total kalori dalam satu hari. Namun, jumlah tersebut akan disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, hingga jenis kegiatan yang dilakukan.

Makanan yang cukup terkenal dengan kandungan karbohidrat tinggi adalah nasi. Namun, kamu bisa mengganti nasi dengan makanan sehat lainnya yang juga mengandung karbohidrat, seperti:

1. Quinoa

Quinoa menjadi salah satu pengganti nasi yang sangat terkenal. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat sebesar 70 persen setelah pengolahan. Namun, quinoa juga mengandung serat dan protein yang sangat baik untuk kesehatan. Kedua nutrisi tersebut mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga sangat cocok untuk membantu mengontrol dan menurunkan berat badan.

Bahkan, quinoa juga mengandung mineral dan senyawa tumbuhan yang bisa membantu pengelolaan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Quinoa juga tidak mengandung gluten sehingga sangat cocok bagi seseorang yang menjalani diet bebas gluten.

2. Oats

Makanan ini merupakan biji-bijian utuh yang sangat sehat dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya. Selain tinggi kandungan karbohidrat, oats juga mengandung protein dan serat.

Rutin menjadikan oats sebagai pengganti nasi juga bisa membantu menurunkan risiko peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2, menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, hingga membantu mengontrol berat badan.

3. Pisang

Tidak selalu biji-bijian, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya pisang. Dalam satu pisang berukuran 136 gram, memiliki kandungan karbohidrat sebesar 31 gram.

Pisang juga memiliki kandungan potasium, vitamin B6, dan C. Tidak ada salahnya mengonsumsi buah pisang sebagai camilan sehat setiap hari.

4. Ubi

Ubi sebagai umbi yang memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi.

Dalam 100 gram ubi ada sekitar 20,7 gram karbohidrat. Selain itu, ubi juga mengandung vitamin A, C, dan potasium. Bukan hanya itu, ubi juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah tubuh dari paparan radikal bebas yang memicu penyakit.

5. Kentang

Kentang menjadi salah satu sayuran yang mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Dalam 147 gram kentang, terdapat 26 gram karbohidrat di dalamnya.

Kentang juga mengandung vitamin C, B6, dan potasium. Bahkan, mengonsumsi kentang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 7 persen.

Itulah berbagai makanan sehat yang tinggi kandungan karbohidrat dan bisa kamu konsumsi sebagai pengganti nasi. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer