25 C
Makassar
Kamis, Mei 13, 2021
BerandaMetropolisDisdik Sebut Makassar Kekurangan 1.888 Guru PNS 

Disdik Sebut Makassar Kekurangan 1.888 Guru PNS 

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mendata bahwa Kota Makassar saat ini kekurangan guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 1.888 guru.

Kepala Disdik Kota Makassar, Rahman Bando mengatakan bahwa kekurangan guru berstatus PNS tersebut tersebar di sekolah yangbada di Kota Makassar, khususnya SD dan SMP. Dan kekurangan yang terbanyak adalah guru SD.

“SD kekurangan sebanyak 1.459 guru, sedangkan SMP 429 orang. Data itu sudah sesuai data setiap sekolah,” katanya, Kamis (28/2/2019).

Dia menjelaskan bahwa saat ini tenaga pengajar yang paling kurang berada di dua mata pelajaran seperti Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan. Itu yang saat ini sangat dibutuhkan.

Meski saat ini sudah ada kebijakan dengan melakukan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan seleksi PNS tahun lalu. Namun, kuota pengangkatan tersebut masih terbatas dan belum mengakomodasi kekurangan tenaga pengajar saat ini.

“Apalagi tahun ini bakal ada sekitar 160 guru yang bakal pensiun. Jika seandainya tidak menghadirkan honorer dan kontrak, berarti kita bisa lumpuh ini pendidikan,” ungkapnya.

 

Penulis: M. Syawal

 

spot_img
- Advertisment -

Headline