23 C
Makassar
Selasa, April 20, 2021
BerandaMetropolisKekurangan Tenaga Pengajar, Disdik Bakal Permudah PNS Pindah ke Makassar

Kekurangan Tenaga Pengajar, Disdik Bakal Permudah PNS Pindah ke Makassar

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar akan memudahkan tenaga pengajar berstatus Pegawai Negeri Sipil untuk masuk atau pindah ke Kota Makassar. Dengan begitu jumlah guru di Makassar bisa bertambah.

Hal itu dilakukan lantaran saat ini Kota Makassar  kekurangan ribuan tenaga pengajar. Dari catatan Disdik, Makassar kekurangan 1.888 guru yang berstatus PNS. Khususnya guru Pendidikan Agama  dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Kepala Disdik Kota Makassar, Rahman Bando, mengatakan bahwa untuk bisa menutup kekurangan tersebut pihaknya akan berkordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Saya akan berkoordinasi dengan kepala BKPSDM agar memudahkan guru-guru pindah masuk ke Makassar. khususnya guru SD dan SMP,” jelasnya, Kamis (28/2/2019).

Dari data Disdik Makassar, khusus SD kekurangan sebanyak 1.459 guru, sedangkan SMP 429 orang. Kekurangan ini, kata dia, dari hasil verifikasi di tiap sekolah berdasarkan guru mata pelajaran.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Makassar, Andi Siswanta Attas mengatakan bahwa solusi untuk mengatasi kekurangan guru tersebut harus dengan cara perekrutan tenaga pengajar.

Sehingga, pihaknya berharap pemerintah pusat bisa membuka lagi seleksi tenaga pengajar. Baik itu seleksi PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Solusinya rekrutmen guru. Termasuk kontrak tenaga guru. Tapi nanti kita lihat untuk sesuaikan dengan kemampuan anggaran kita juga kan,” jelasnya.

Penulis: M. Syawal

- Advertisment -

Headline