Diskop Makassar Tuntut Masyarakat Agar Bisa Manfaatkan Teknologi

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kepada Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Keperasi (Diskop) Kota Makassar, Dr. Johansyah Mansyur menegaskan, agar masyarakatnya saat ini bisa memanfaatkan dengan baik teknologi informasi.

Sebab, dengan memanfaatkan dengan baik teknologi informasi, maka akan ada peningkatan kualitas perkoperasian di Kota Makassar, terutama dalam pembukuan.

“Pelaku koperasi tidak bisa menggunakan gaya konvensional, harus memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang,” ujar Johansyah usai membuka acara Rintisan Penerapan Teknologi Modern Dalam Manajemen Usaha Koperasi Angkatan I di Hotel Celebes Indah Makassar, Rabu (25/7/2018).

Menurut Johansyah, bentuk penerapan teknologi dalam perkoperasian di Kota Makassar belum secara keseluruhan, apalagi masih ada satu aplikasi yang telah disusun Bank Indonesia (BI) terkait pelaporan koperasi. “Aplikasi yang telah disusun BI ini guna memperlancar operasional pembukuan,” tambahnya lagi.

Selain itu, sambung Johansyah bentuk penggunaan teknologi informasi dalam perkoperasian khususnya Dinas Koperasi Kota yakni pembuatan aplikasi “Dongkrak”

“Aplikasi yang kami sementara susun ini nantinya dapat berfungsi dapat mengetahui jumlah modal bagi seluruh pelaku koperasi dengan mengecek melalui aplikasi dongkrak ini,” jelasnya.

Kemudian Johansyah menambahkan bahwa aplikasi ini bisa mengecek langsung bagaimana Standar Operasi Prosedural (SOP) jika melakukan bekerjasama. “Aplikasi ini sementara kita benahi dan ini nantinya dapat mempermudah operasional dalam bidang koperasi,” ungkapnya.

Terpisah, Staf Ahli Wali Kota Makassar Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekertariat Daerah Pemkot Makassar, Takdir Aliem Bahri menilai, pelaku koperasi harus ditingkatkan kompetensi dan kapabilitas khususnya untik penggunaan teknologi informasi.

“Makassar sebagai kota yang memiliki koperasi sebanyak 1559 ini perlu pembenahan kedepannya, utamanya dalam penggunaan teknologi informasi dalam perkoperasian,” urainya.

Selain itu, tujuan dari penggunaan teknologi informasi ini dalam perkoperasian di Kota Makassar tidak lain untuk mensejahterakan seluruh anggota koperasi di Kota Makassar.

BACA JUGA :  Wagub Sulsel Ingin Wujudkan Selayar Sebagai Daerah Wisata Andalan

“Kedepannya perlu pembenahan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, melalui teknologi informasi kita perlu ada pembinaan secara berkesinambungan,” pungkasnya.