27 C
Makassar
Rabu, Februari 21, 2024
BerandaDaerahDokter Spesialis Jantung dan Paru RS Hasri Ainun Habibie

Dokter Spesialis Jantung dan Paru RS Hasri Ainun Habibie

- Advertisement -
- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie (HAH) Kota Parepare, dr. Asni Mustafa, Sp.JP mengulas pentingnya menjaga kesehatan jantung.

“Menjaga kesehatan jantung adalah sesuatu yang penting. Jika kesehatan jantung tidak dijaga, maka berbagai penyakit serius, seperti serangan jantung dan penyumbatan aliran darah di arteri dapat terjadi,” tulis dr Asni Mustafa melalui akun media sosial resmi RS HAH, Selasa (5/12/2023).

Beberapa tips sederhana agar jantung tetap sehat dan kuat yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, menurutnya antara lain, hindari konsumsi garam berlebih. Rutin periksa tekanan darah. Dianjurkan setelah istirahat minimal 30 menit. Jaga lingkar pinggang sesuai ukuran normal wanita < 80 dan pria < 90. Sempatkan berolahraga 30 menit setiap hari. Perbanyak makan buah dan sayur.

Dokter Asni juga mengulas beberapa cek kesehatan jantung, seperti tes darah. Mengetahui risiko penyakit jantung mencakup kolesterol baik dan jahat dan triglisedia.

Elektrokardiogram (EKG): Mengetahui ada tidaknya gangguan irama jantung (aritmia). CT-Scan: Melihat nilai kalsium pada pembuluh darah dengan pencitraan X-ray agar mendeteksi sumbatan atau penyempitan arteri.

Echo-Cardiogram: Pemeriksaan struktur jantung, kemampuan pompa jantung dan fungsi katup jantung dengan pencitraan ultrasound. “Mari jaga kesehatan jantung kita,” pesannya.

BACA JUGA :  RS Hasri Ainun Parepare Jadi Lokasi Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker
spot_img

Headline

Populer