25 C
Makassar
Minggu, November 29, 2020
Beranda Nasional Doni Monardo: Penanganan Covid-19 Tidak Lepas Dari Dukungan Media

Doni Monardo: Penanganan Covid-19 Tidak Lepas Dari Dukungan Media

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib dalam upaya bela negara. Saat ini negara kita terancam oleh COVID-19 yang tidak terlihat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam bincang-bincang Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Selasa 27 Oktober 2020.

Doni mengatakan salah satu pejuang dalam penanganan COVID-19 adalah wartawan. Bila dulu para pejuang kemerdekaan berjuang dengan mengangkat senjata, kini para dokter berjuang merawat pasien COVID-19 dan para wartawan berjuang mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Karena meyakini peran serta penting wartawan dalam penanganan COVID-19, saat pertama kali ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, salah satu orang yang pertama kali dihubungi Doni untuk membantunya adalah wartawan senior Suryopratomo, yang akrab disapa Tomi.

“Penanganan COVID-19 tidak bisa lepas dari dukungan media. Saya kenal Pak Tomi sejak 2008. Saya hubungi dan bersedia membantu. Alhamdulillah, komunikasi publik satgas berjalan dengan baik, itu tidak lepas dari kerja keras Pak Tomi yang berkomunikasi dengan media dan jurnalis,” tuturnya.

BACA: Kunjungan RS dan Puskesmas Ikut Menurun di Masa Covid-19

Menurut Doni, komunikasi, sosialisasi, dan peran serta media dalam penanganan COVID-19 sangat strategis. Apalagi, sejumlah survei juga menyebutkan bahwa 63 persen sosialisasi ada di tangan media.

Sementara itu, Tomi mengatakan pendekatan berbeda terhadap media mulai dilakukan Doni sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sejak Juli 2020 dengan mengajak wartawan menjadi bagian dari kampanye besar untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat.

“Sejak Oktober, sudah ada kolaborasi media dengan satuan tugas yang menjadi bagian dari pentaheliks untuk bersama-sama mencari jalan untuk menangani COVID-19,” katanya.

#cucitangan #pakaimasker #jagajarak

Headline

APBD 2021 Defisit Sekitar Rp1 Triliun, Begini Penjelasan Pemprov

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Laporan akhir Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terhadap nota keuangan dan Rancangan Peratutan Daerah (Ranperda)...

NA: Januari Sekolah Dibuka, Para Guru Akan Diswab Massal

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA), menegaskan bahwa sekolah akan kembali di buka pada Januari 2021 mendatang. Untuk menjamin bahwa semuanya...

Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Unimerz Jalani Assesmen Lapangan Via Daring

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky (Unimerz) menjalani assesman lapangan secara daring. Adanya wabah Covid...

Iman Melawan Pandemi

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Malam itu, Rabu (11/11/2020), cuaca cukup cerah. Kerlip cahaya bintang terlihat jelas di langit Makassar, meski tidak seterang sorot lampu Anjungan...