23 C
Makassar
Kamis, Desember 8, 2022
BerandaPolitikDPD Hanura Sulsel Optimis Lolos Verfak

DPD Hanura Sulsel Optimis Lolos Verfak

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Tim dari Komisi Pemilihan Umum bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah melakukan verifikasi faktual alias Verfak ke DPD Partai Hanura Sulsel.

Proses Verfak dilakukan di Kantor DPD Hanura Sulsel Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin (17/10/2022).

Dari KPU Sulsel dipimpin oleh Upi Hastati sementara dari Bawaslu Sulsel hadir Saiful Jihad. Tim Verfak disambut langsung oleh Amsal Sampetondok bersama Hendra Hartono selaku ketua dan sekretaris DPD Hanura Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel Upi Hastati mengatakan bahwa ada sejumlah item yang menjadi bagian verifikasi faktual diantaranya, jumlah pengurus, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan kelengkapan administrasi lainnya.

“Jadi hasil verifikasi ini harus disampaikan ke Sipol dan harus melakukan perbaikan,” kata Upi kepada wartawan.

Setelah verifikasi faktual ini dilakukan kata Upi, pihaknya akan menyerahkan hasil ke partai. Apakah semua sudah memenuhi syarat atau belum. Jika belum masih ada waktu dilakukan perbaikan.

“Hal-hal yang tidak memenuhi syarat pada fase ini, ada waktu proses dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Hanura Sulsel Amsal Sampetondok mengaku optimis partainya akan lolos pada tahapan Verfak.

“Tentu keyakinan kami bahwa Partai Hanura bisa lolos verifikasi faktual sangat rasional, verifikasi administrasi saja kita bisa lalui, tentu Verfak juga akan terpenuhi,” tutur purnawirawan TNI itu.

Lebih jauh, Amsal memaparkan bahwa semua yang dipersyaratkan dalam proses Verfak ini terpenuhi, meski ada beberapa pengurusnya yang dilakukan verifikasi secara virtual dan mengundurkan diri.

“Tentu pengurus yang mengundurkan diri itu kita sudah siapkan langkah yang tepat. Kita juga tidak bisa paksakan karena itu hak dia, tetapi secara keseluruhan Hanura Sulsel yakin lolos verifikasi faktual,” tutur Amsal.

spot_img

Headline

Populer