31 C
Makassar
Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaNasionalDua Pria Muslim Ditangkap Setelah Bunuh Pendukung Penghina Nabi Muhammad

Dua Pria Muslim Ditangkap Setelah Bunuh Pendukung Penghina Nabi Muhammad

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Dua pria muslim di India yang teridentifikasi sebagai pelaku pembunuhan pria beragama Hindu ditangkap.

Pembunuhan yang dilakukan keduanya telah memicu kerusuhan antar agama. Pria Hindu yang dibunuh disebut sebagai seorang penjahit bernama Kanhaiya Lal. Dia dibunuh, Selasa (28/06) lalu oleh dua orang pria Muslim.

Aksi pembunuhan ini sebagai imbas atas dukungan Kanhaiya Lal terhadap pernyataan kontroversial terkait Nabi Muhammad yang disampaikan oleh politisi dari Partai Bharatiya Janata (BJP), Nupur Sharma.

BACA JUGA :  Hina Islam Di Medsos Pemuda 19 Tahun Ini Dilaporkan ke Polisi

Dilansir dari detikcom, Ketua Menteri Rajasthan, Ashok Gehlot mengimbau masyarakat untuk tetap tenang.

Pemerintah federal telah meminta Badan Investigasi Nasional, yang merupakan badan anti-terorisme India, menyelidiki pembunuhan tersebut.

Adapun politisi Nupur Sharma yang pernyataannya sebagai pemicu konflik telah mendapat sanksi dari partainya. BJP mengeluarkan Sharma dari keanggotaan partai.

Demikian juga kepala bagian media BJP di Delhi, Naveen Kumar Jindal, lantaran membagikan tangkapan layar pernyataan Sharma.

BACA JUGA :  Hasil Riset: Muslim di Amerika Alami Diskriminasi

BJP menyatakan “menentang ideologi yang menghina atau merendahkan sekte atau agama ” dan menambahkan bahwa partai itu tidak “mempromosikan orang-orang atau filosofi seperti itu”.

Di samping itu, dalam upaya menenangkan negara-negara Islam dan berpenduduk mayoritas Muslim, para diplomat India mengatakan pernyataan tersebut tidak mencerminkan sikap pemerintah dan hanyalah “pandangan dari unsur pinggiran”.

(*)

spot_img

Headline