26 C
Makassar
Kamis, Juli 7, 2022
BerandaMetropolisDukcapil Makassar Bakal Buka Layanan Administrasi Digital 

Dukcapil Makassar Bakal Buka Layanan Administrasi Digital 

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar menyatakan siap menerapkan program Dukcapil Go Digital.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Makassar Aryati Puspasari Abady, mengatakan bahwa dengan penggunaan program IDukcapil Go Digital diharapkan bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi.

BACA: Dukcapil Makassar Butuh 16 Ribu Keping Blanko

“Makassar Siap menerapkan Dukcapil Go Digital,” katanya, saat dikonfirmasi, Jumat (8/2/2019).

Hanya saja, kata Puspa, penerapan untuk masuk dalam Dukcapil Go Digital akan dilakukan secara bertahap. Apalagi, Makassar mendapatkan kehormatan sebagai percontohan.

BACA: Perlindungan Layanan Digital, Dukcapil Kemendagri Kerja Sama Dengan BSSN

Sejauh ini persentase warga Makassar yang telah merekam KTP el berada di angka 95 persen. Total 953 ribu wajib KTP dari total 980 ribu.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, membeberkan bahwa ke depan digitalisasi data akan membuat pelayanan admnistrasi kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sebab, di era digital masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat. Salah satu langkah dalam mengawali Dukcapil Go Digital ini dengan menerapkan tanda tangan digital melalui aplikasi khusus.

Dalam penerapannya Ditjen Dukcapil bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jadi, tidak ada lagi hambatan dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Penulis: M. Syawal
BACA JUGA :  Disdukcapil Makassar Gelar Pelayanan KuparTas di Lette
spot_img
spot_img

Headline