24 C
Makassar
Rabu, Desember 1, 2021
BerandaMetropolisDukcapil Makassar Terapkan Layanan Go Digital Hari Ini

Dukcapil Makassar Terapkan Layanan Go Digital Hari Ini

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar hari ini telah mulai menerapkan layanan go digital. Layanan tersebut yakni dengan tanda tangan elektronik saat pengurusan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Makassar Aryati Puspasari Abady mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba terhadap layanan itu selama dua hari. Dan sudah ada beberapa data kependudukan yang dicetak menggunakan tanda tangan elektronik.

“Sudah mulai jalankan. Kita sudah uji coba dan berjalan lancar,” katanya, saat dikonfirmasi, Rabu (6/3/2019).

Penerapan tanda tangan elektronik ini hanya untuk dua administrasi kependudukan, yakni Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran sesuai dengan yang diterapkan Direktorat Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Sebelumnya, Layanan Dukcapil Go Digital dilaunching Direktorat Jenderal Dukcapil dalam pelayanan publik administrasi kependudukan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional di Four Points By Sheraton 7 Februari lalu.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh saat itu mengatakan, digitalisasi data akan membuat pelayanan admnistrasi kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebab, di era digital masyarakat menginginkan pelayanan publik yang serba cepat.

Salah satu langkah dalam mengawali Dukcapil Go Digital ini dengan menerapkan tanda tangan digital melalui aplikasi khusus. Dalam penerapannya Ditjen Dukcapil bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

 

Penulis: M. Syawal

BACA JUGA :  Legislator Irfan AB Kritik Kerusakan Jalan Poros Trans Nasional
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.320,0
EUR
16.230,6
JPY
126,5
KRW
12,1
MYR
3.405,9
SGD
10.487,3