29 C
Makassar
Saturday, June 15, 2024
HomePolitikERAT Bersama Komunitas Pacekke Gerakan Aksi Bersih-bersih Pantai, Semarak Hari Lingkungan Sedunia

ERAT Bersama Komunitas Pacekke Gerakan Aksi Bersih-bersih Pantai, Semarak Hari Lingkungan Sedunia

- Advertisement -

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Komunitas Pacekke kembali menunjukkan eksistensinya dalam merawat dan melestarikan lingkungan.

Momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup (LH) Sedunia, komunitas yang bergerak dalam kegiatan sosial ini, melakukan aksi-aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Lumpue, Parepare, Minggu (9/6/2024).

Menariknya, Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota Parepare Erna Rasyid Taufan (ERAT) berbaur dengan anggota Komunitas Pacekke menelusuri pasir pantai melakukan aksi bersih ini.

“Kita apresiasi aksi nyata anggota Komunitas Pacekke yang memiliki kepedulian dalam merawat dan melestarikan alam dan lingkungan, khususnya di pantai yang menjadi salah satu spot wisata bahari yang ramai dikunjungi masyarakat,” kata Ketua DPD Partai Golkar Parepare ini.

Erna Rasyid Taufan pun berharap aksi bersih-bersih seperti ini, idealnya menjadi program rutin Komunitas Pacekke untuk menghadirkan lingkungan yang asri, dan nyaman.

“Secara kebetulan juga masih momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kita turun bersama-sama, berkolaborasi, bergotong royong membersihkan sampah-sampah di Pantai Lumpue untuk menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung yang berakhir pekan di objek wisata dengan suasana pantai. Sekaligus, menjaga kelestarian biota laut yang berada di pesisir pantai Lumpue,” ungkap ERAT.

Saat menulusuri pantai bersama anggota Komunitas Pacekke, Erna Rasyid Taufan pun mendapati banyak rumput laut di pasir berserakan. Sontak mantan Ketua Dekranasda Parepare ini, bahwa ini bisa diolah bernilai ekonomis.

“Apakah rumput-rumput laut ini, diawetkan untuk bernilai ekonomis. Kalau diawetkan bisa menjadi hiasan-hiasan perbot rumah tangga. Tapi, nanti lah, kita fokus melakukan aksi bersih-bersih untuk menghadirkan suasana nyaman bagi pengunjung yang berlibur di Pantai Lumpue,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, ramainya pengunjung ke Pantai Lumpue ini, tentu dapat menggerakan roda perekonomian warga sekitar.

“Tadi kita juga lihat, ada berjejeran jualan-jualan warga. Ini tentu harus ditumbuh kembangkan dalam menjaga bergeraknya roda perekonomian warga sekitar secara mandiri dan berkelanjutan,” harap ERAT.

Sementraa itu, salah seorang perwakilan Konunitas Pacekke M. Iqbal pun menympaikan terima kasih kepada Bacalon Wali Kota Parepare Erna Rasyid Taufan yang hadir bersama-sama dalam gerakan sosial bersih bersih pantai Lumpue.

“Ibu Erna tidak hanya hadir di lokasi, tapi beliau ikut terjuan langsung berjalan dan memungut smapah, dan lalu di masukan ke kantong-kantong sampah yang telah disiapkan,” ungkap Ikbal.

Iqbal pun memuji kepedulian ERAT yang merupkan sosok yang peduli dalam merawat, dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

“Kita yakini, program-program kelestrian lingkungan yang akan menjadi program ke depan beliau bisa berjalan. Dan kami, dari komunitas Pacekke siap mendukung dan mensupport beliau,” kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, gerakan sosial aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Komunitas Pacekka tidak hanya pada bersih-bersih masjid, tetapi potensi-potensi kelestarian lingkungan dan merawat alam juga menjadi perhatian.

“Tadi, kita lakukan aksi bersih-bersih di Pantai Lumpue, fokus kita pada sampah yang sulit terurai. Seperti sampah plastik bekas gelas maupun air mineral, itu kita kumpulkan, lalu kita masukan ke kantong sampah,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img