29 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaHealthGejala Awal Hepatitis Akut Misterius pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gejala Awal Hepatitis Akut Misterius pada Anak yang Harus Diwaspadai

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Hepatitis akut misterius diketahui dapat menyerang anak usia 1 bulan hingga 16 tahun. Meski penyebabnya belum diketahui, jenis hepatitis ini memiliki gejala yang serupa dengan gejala hepatitis pada umumnya.

Gejala awal hepatitis akut misterius dapat berupa keluhan yang bersifat ringan, tetapi bisa saja berlanjut menjadi kondisi yang berat bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Ada beberapa gejala hepatitis akut misterius pada anak yang patut diwaspadai. Berikut ini adalah beberapa gejalanya:

1. Diare

Gejala awal hepatitis akut misterius pada anak yang paling umum adalah diare. Anak yang mengalami diare akan lebih sering buang air besar, yaitu sebanyak 3 kali sehari atau lebih, dengan tekstur feses yang encer.

BACA JUGA :  Kasus Hepatitis B Paling Banyak di Indonesia

2. Mual atau muntah

Selain diare, gejala awal hepatitis misterius akut juga dapat disertai mual dan muntah. Kondisi ini sering membuat anak menjadi tidak nafsu makan dan minum, sehingga berisiko mengalami kekurangan nutrisi maupun cairan.

3. Sakit perut

Gejala awal hepatitis akut misterius lainnya adalah perut terasa nyeri. Hal ini karena organ hati yang terdapat dalam rongga perut mengalami peradangan, sehingga memicu rasa sakit di area perut.

BACA JUGA :  Kasus Hepatitis B Paling Banyak di Indonesia

Selain gejala di atas, beberapa gejala awal hepatitis akut misterius lainnya pada anak dapat berupa demam, badan lemas, nyeri otot, dan nyeri sendi.

spot_img
spot_img

Headline