24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
BerandaHukrimGNI Morut Diizinkan Beroperasi Dengan Syarat Dijaga TNI-POLRI

GNI Morut Diizinkan Beroperasi Dengan Syarat Dijaga TNI-POLRI

PenulisThamrin
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Pasca bentrokan yang terjadi di perusahaan tambang pengelolaan nikel (smelter) Morowali Utara, Sulawesi Tengah, PT Gunbuster Nikel Industri (GNI) diizinkan beroperasi kembali.

Hal itu diterangkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor Presiden, di Jakarta, Senin 16 Januari 2023. Di mana ia menerangkan bahwa PT GNI Morowali Utara akan kembali memulai kegiatan operasional pada esok hari.

“Jadi keputusan untuk beroperasi kembali ini diputuskan oleh perusahaan setelah melihat bahwa dari sisi pengamanan yang kita siapkan semuanya mendukung untuk kegiatan tersebut bisa operasional kembali,”tegas Kapolri dalam keterangannya.

BACA JUGA :  Kejutan Spesial Batalyon C Pelopor Kepada Kodim 1407/Bone di HUT TNI ke 75

Menanggapi itu, Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan bahwa untuk saat ini memang perkembangan situasi di lokasi PT GNI relative kondusif.

“PT GNI di Morowali Utara situasinya relatif kondusif, perusahaan hari ini mulai operasional, sesuai laporan yang saya terima pagi tadi ratusan karyawan sudah memulai berdatangan,” ungkapnya di Polda Sulteng, Selasa (17/1/2023).

Namun penjagaan ketat tetap dilakukan aparat dari TNI-Polri di depan pintu gerbang PT GNI Morowali.

BACA JUGA :  Peringati Hari Infanteri, Pemkab Gowa dan TNI-Polri Bersihkan Sungai Jeneberang

“Petugas security dengan diawasi petugas TNI Polri melakukan pemeriksaan ID Card karyawan yang mulai masuk kerja,”kata Didik.

Adapun mengenai pengamanan, lanjut Didik mengatakan bahwa, TNI dan Polri siap memberikan pengawalan dan pengamanan baik untuk para pekerja maupun keberlangsungan operasional perusahaan.

Selain itu, Ia juga mengimbau masyarakat dan karyawan agar tidak mudah terprovokasi dengan isu yang masih belum jelas kebenarannya.

“Terkait masalah-masalah industrial yang bisa diselesaikan secara aturan undang-undang hendaknya dilakukan sesuai tahapannya. TNI-Polri akan mengawal proses tersebut sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya.

spot_img

Headline

Populer