24 C
Makassar
Senin, Juni 27, 2022
BerandaEkbisGoll…Aborasi Bisnis Online 2021: JNE Makassar Ajak Pelaku UKM Hadapi Tantangan di...

Goll…Aborasi Bisnis Online 2021: JNE Makassar Ajak Pelaku UKM Hadapi Tantangan di Masa Pandemi

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Sebagai mitra pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), JNE menggelar berbagai upaya dalam meningkatkan daya saing khususnya di dunia digital baik skala nasional maupun global. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui kegiatan JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021.

Pandemi Covid-19 yang s udah berlangsung dalam dua tahun terakhir, berdampak ke berbagai sektor termasuk ekonomi. Termasuk bagi para pelaku UKM yang menghadapi berbagai tantangan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, serta kesulitan bahan baku yang berdampak pada menurunnya angka produksi.

Tak hanya itu, menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga berpengaruh terhadap keberlangsungan para pelaku UKM. Melalui gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 di Kota Makassar, para pelaku UKM di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital baik dalam skala nasional dan global.

Head Region JNE Sulam-Papua, Andrey Laogi mengatakan, bahwa JNE mendukung dan medorong para pelaku UKM untuk melek digital. Apalagi dimasa pandemi yang mengharuskan bekerja dari rumah.

“Disinilah kesempatan pelaku UKM ikut bersaing baik secara nasional maupun global karena era digital yang begitu maju,”ujarnya saat memberi sambutan dalam kegiatan webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 di Kota Makassar, Selasa (9/11/2021).

BACA JUGA: Ngirim Lewat JNE Bisa Bayar Pake OVO

Sementara itu, Branch Manager JNE Makassar, Suci Indah Permatasari mengatakan, pihaknya dimasa pandemi JNE Makassar terus mendukung para pelau UKM untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“JNE Makassar dimasa pandemi bersenergi dengan berbagai pihak untuk mendukung ekonomi masyarakat berkembang. Selain tantangan di tengah Covid-19, JNE Makassar tetap berinovasi untuk meningkatkan pelayanan,”jelasnya.

Selain itu, kata Suci, JNE Makassar selain mendukung pertumbuhan UKM di Sulselbar, pihaknya juga menyalurkan bantuan social kepada pihak yang terdampak musibah. Kolaborasi di berbagai sektor dalam menghadapi masa krisis menjadi hal penting. Terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

BACA JUGA :  JNE dan Tokopedia Kembangkan Kerja Sama

“Kita harus bersinergi dan berkolaborasi. Tidak bisa dipungkiri, kerjasama dengan berbagai pihak merupakan salah satu kunci keberhasilan di era industri 4.0. Baik JNE, UMKM, pemerintah dan sektor lainnya yang memiliki kemampuan yang dapat di-collaborate-kan untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Suci.

Sebagai mitra UKM, lanjut Suci, JNE Makassar siap mendukung para pelaku UKM dengan dihadirkannya beragam layanan. Mulai dari jemput paket tanpa minimal pengiriman, program JLC (JNE Loyalty Card), beragam program pemberdayaan komunitas seperti webinar online, serta berbagai program.

Owner Rumah Anyamandiri, Elsa menceritakan pengalaman tetap berkarya ditengah pandemi Covid-19 dengan memproduksi pot bunga. Pasalnya, produksi sandal dari bahan baku eceng gondok yang biasanya diproduksi pihaknya harus kandas karena Hotel dan Mall tutup.

“Dari awal-awal dampak pandemi ini sangat terasa, terutama di Rumah Anyamandiri karena tempat-tempat kerjasama kami tutup karena PSBB. Tapi kita bisa membentuk respon yang positif agar hasilnya positif dengan memanfaatkan inovasi,” kata Elsa.

“Yang pertama, kita terus berinovasi meskipun di masa pandemi. Karena pandemi orang gak beli sandal, akhirnya kita bikin pot bunga karena kita mau berinovasi dan beradaptasi,” kata Elsa menuturkan.

BACA JUGA :  Ngirim Lewat JNE Bisa Bayar Pake OVO

Dalam webinar yang sama, Owner Mogu Indonesia, Bagus Sarwono berbagi tips untuk tetap eksis ditengah pandemi yakni pentingnya mengetahui segmentasi pasar bagi para UKM. Karena sistem marketing adalah bagaimana caranya mengumpulkan traffic yang sebanyak-banyaknya.

“Selam ini kami konsistendengan memproduksi Sarabba (minuman jahe) dalam bentuk saset sehingga bisa dinikmati orang dimanapun dan kapanpun. Tantangan selalu ada disetiap waktunya, harus siap hadapi itu. Karena kita dibidang pengolahan biasanya bahan baku yang jadi tantangan,”jelasnya.

Kota Makassar sendiri menjadi kota ke-57 gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021–Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 sekaligus dalam rangka memeringati hari jadi kota Makassar yang ke 414.

spot_img
spot_img

Headline