26 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaParlemanH Muslim Salam Buka Puasa Bersama di Kecamatan Lau Sambil Jelaskan Perda...

H Muslim Salam Buka Puasa Bersama di Kecamatan Lau Sambil Jelaskan Perda Lahan Kritis

- Advertisement -

MAROS, SULSELEKSPRES.COM- Meski berpuasa di bulan Ramadhan ini, ternyata tak menyurutkan semangat Legislator DPRD Sulsel asal fraksi NasDem, H Muslim Salam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Politisi NasDem tersebut kembali melakukan sosialiasi dan tatap muka dengan masyarakat demi menyebar luaskan produk hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terkait dengan pentingnya pengendalian lahan kritis.

BACA: Reses di Desa Moncongloe, Begini Harapan Masyarakat Pada H Muslim Salam

Kali ini, H Muslim Salam bertatap muka dengan masyarakat Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, pada Minggu (20/5/2018).

Sembari menanti waktu buka puasa bersama, H Muslim Salam menjelaskan tentang pentingnya pengendalian dan peran masyarakat terhadap lahan kritis tersebut. Dia mengatakan bahwa salah satu tujuan pentingnya iyalah upaya pemulihan lahan kritis di luar kawasan hutan untuk mengembalikan fungsi lahan tersebut.

“Masyarakat perlu tahu bahwa pengendalian lahan kritis sangat penting dilakukan untuk menunjang lahan pertanian,”ujarnya.

Selain itu, Wakil Ketua NasDem Sulsel tersebut mengungkapkan beberapa tujuan utama dari pengendalian lahan kritis yakni sebagai berikut:

Mencegah, merehabilitasi dan melindungi lahan dari kerusakan akibat penggunaan yang tidak sesuai dengan kemampuan lahan tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan.

Menjamin terwujudnya fungsi lahan yang optimal dalam mendukung usaha pertanian bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat

Meningkatkan fungsi lahan untuk mewujudkan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan hidup secara seimbang.

Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kapasitas dan partisipasinya dalam pengendalian lahan kritis.

Menjamin kemanfaatan lahan secara adil dan merata terciptanya kesempatan kerja dan tersedianya peluang bagi masyarakat yang diharapkan mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Penulis: Andika

BACA JUGA :  DPRD Sulsel Agendakan Reses di Bulan Februari
spot_img
spot_img

Headline