26 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaMetropolisHasilkan Telur Uggulan, Soni Kunjungi Pembibitan Ternak di Palopo

Hasilkan Telur Uggulan, Soni Kunjungi Pembibitan Ternak di Palopo

- Advertisement -

PALOPO, SULSELEKSPRES.COM – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono berkunjung ke UPTD Pembibitan Ternak Mancani Kota Palopo, Jum’at (1/6/2018).

Kunjungan ini dalam rangka untuk mengetahui potensi produksi ayam dan telur berkualitas di kota yang dikenal sebagai Bumi Sawerigading.

UPTD ini telah berproduksi telur sejak tahun 2017, sebanyak 1.000-1.200 telur sehari. Adapun jenis ayam yang diproduksi dan diternak, KUB (Kampung Unggul Balitnak), ayam Arab silver, ayam Arab golden, ayam merawang dan ayam kapas.

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono kemudian melakukan pemantauan ke kandang ternak, dan tempat ruang penetasan.

BACA: Soni Imbau Perusahaan Bayarkan THR ke Karyawan

Sumarosno juga menyampaikan bahwa, hasil produksi yang memiliki keunggulan agar dapat diproduksi dengan baik dan dipromosikan dengan masif.

“Ini ada satu kelebihan, tentu bisa dipasarkan, termasuk lewat sosial media. Jika telurnya memiliki kandungan omega 3, maka perlu dilakukan penelitian lebih, apa apa bedanya telur kita dengan yang lain,” sebutnya.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Harisman Pole menjelaskan, UPTD seperti ini atau satelit ayam hanya ada dua di Indonesia, yakni di Sumatera Selatan dan Kota Palopo di Sulawesi Selatan.

“Ayam kampung unggul Balitnak ini luar biasa, telurnya punya kandungan omega, bisa menurunkan kolestrol,” kata Harisman.

Pemkot Palopo juga punya program pembangunan 1.000 kandang yang digelar Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo.

Penulis : M. Syawal

BACA JUGA :  Pemprov Sulsel Teken MoU Sister Province dengan Ehime Jepang
spot_img
spot_img

Headline