24 C
Makassar
Senin, November 29, 2021
BerandaHealthIDI: Tetap Patuh Prokes Meski Sudah Vaksin

IDI: Tetap Patuh Prokes Meski Sudah Vaksin

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) meski sudah menerima dosis vaksin lengkap.

Hal itu disampaikan Humas IDI Kota Makassar Wachyudi Muchsin. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak terlena dan jumawa. Masyarakat dia sebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Walaupun kita sudah vaksin tetap patuhi protokol kesehatan (prokes), jaga jarak dan hindari kerumunan. Walaupun kita sudah turun ppkm level 2, jangan jumawa jangan sombong, jangan terlena,” kata Wahyudi belum lama ini.

Dia menambahkan, data vaksinasi di Indonesia yang sudah dilaksanakan pemerintah. Dia memandang, program tersebut setidaknya jauh lebih baik dari negara-negara lain.

“Secara global vaksinasi di Indonesia jauh lebih baik dari India dan Pakistan. Vaksinasi kita sudah berada diangka 22,4 persen sementara India 20,1 persen, Pakistan baru 15,8 persen,” kata Wachyudi.

Sementara data vaksinasi dosis pertama sudah berada diangka 51,62 persen. Lalu dosis kedua menyentuh angka 30,12 persen. Untuk tenaga kesehatan, dosis pertama 136,17 persen, dan dosis kedua 127,52 persen.

“Tentu dengan vaksin harapan kita bahwa ekonomi, sosial, kesehatan masyarakat, budaya dan lainnya bisa bergerak tumbuh lebih baik. Makanya program vaksin pemerintah ini wajib kita sukseskan,” katanya.

Direktur Eksekutif Sultan Hasanuddin Center Moh Anshori memberikan apresiasi khusus terhadap ikhtiar pemerintah dalam hal ini Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mengatasi pandemi dan melindungi rakyatnya dari Covid-19.

“Analogi saya kita saat ini sedang berperang. Nah, kita sebentar akan memenangkan peperangan. Karena kesuksesan pemerintah mengatasi pandemi kami pandang sukses,” jelas Anshori.

Dengan vaksin juga kata Anshori, akan menumbuhkan kepercayaan diri masyarakat dimasa pandemi ini. Artinya, tidak adalagi ketakutan yang berlebihan seperti di awal pandemi masuk Indonesia.

BACA JUGA :  Vaksinasi Serentak Sudah Dijadwalkan, MUI Belum Keluarkan Fatwa Halal

“Kepercayaan diri masyarakat itu bisa kita lihat akhir-akhir ini misalnya pusat perbelanjaan, tempat wisata sudah ramai. Sehingga, kesimpulan saya bahwa program yang dicanangkan pemerintah sangat sukses,” demikian Anshori.

(yusdin)

BACA JUGA
Penulis(*)
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.284,0
EUR
16.394,6
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.430,4
SGD
10.543,3