25 C
Makassar
Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaHeadlineIndonesia Target Kemenangan Perdana di Kualifikasi Piala Asia Kontra Thailand

Indonesia Target Kemenangan Perdana di Kualifikasi Piala Asia Kontra Thailand

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Tim nasional Indonesia U-23 akan melakoni laga perdana grup K kualifikasi Piala Asia 2020 kontra tim nasional U-23 Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) malam nanti.

Juru taktik timnas Indonesia, Indra Sjafri, menegaskan bahwa timnya mengincar kemenangan perdana di laga nanti. Kemenangan itu akan menjadi bekal untuk mendobrak mental para pemainnya di laga-laga selanjutnya.

Timnas Indonesia juga sudah siap seratus persen untuk menghadapi laga ini. Pasalnya, timnas memiliki bekal bagus kontra Thailand. Beberapa waktu lalu, Awan Seto dan kawan-kawan sukses menaklukkan tim Gajah Putih di final Piala AFF U-22 2019.

Kendati demikian, Indra Sjafri mewanti-wanti anak asuhnya agar tidak jemawa dengan hasil sebelumnya. Laga nanti akan menjadi titik awal perjuangan lagi bagi tim nasional Indonesia.

Indra juga menyampaikan bahwa kekurangan yang ada di kubu Garuda Muda sudah dibenahi. Skill para pemain juga sudah diasah pada sesi latihan terakhir di Stadion My Dinh.

“Sama seperti latihan-latihan yang biasa enggak ada yang istimewa. Jadi persiapan akhir kami ada latihan set-piece sedikit, bertahan, ada tendangan penjuru, menyerang, maupun tendangan bebas,” kata Indra, sebagaimana dilansir dari laman goal livescore Indonesia.

Selain itu, mentalitas para pemain juga terus diasah. Hal ini untuk mengantisipasi performa gugup di laga perdana. Sebab hal tersebut kerap terjadi di partai awal.

“Pasti semuanya sudah kita persiapkan termasuk hari ini briefing arahan. Dan malam ini (kemarin) ada diskusi-diskusi grup dengan mereka, malam ini (kemarin) juga kami pelajari pertandingan terakhir Thailand,” jelas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Di laga nanti, tampaknya Egy Maulana Vikri akan dipasang sebagai second striker, di belakang Marinus Mariyanto Wanewar. Marinus diturunkan karena Ezra Walian masih terkendala administrasi. Selain itu, pergerakan dua pemain sayap, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani, difavoritkan untuk mengacak-acak pertahanan Thailand.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia U-16 Wajib Juara Grup Demi Hindari Korea Selatan

Sementara di sektor tengah, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah bakal jadi pengatur serangan tim. Di lini belakang ada nama Andy Setyo yang bisa diduetkan dengan Bagas Adi Nugroho atau Nurhidayat Haji Haris.

Di kubu lawan, pelatih Thailand U-23, Alexandre Gama, menegaskan bahwa timnya akan tampil total di kualifikasi ini. Akan tetapi, apapun hasil yang diperoleh Thailand, mereka akan tetap lolos karena bertindak sebagai tuan rumah turnamen.

Kabarnya Gama telah merombak hampir seluruh skuatnya yang bermain di Piala AFF U-22 2019. Dia mengklaim pemain yang diusung kali ini adalah skuat terbaik yang ada di level U-23 Thailand.

“Kami hadir di sini tanpa tekanan. Saya berpikir tekanan justru dialami tim lainnya, karena kami sudah dipastikan lolos. Tapi ini adalah turnamen besar yang bisa menunjukkan level bermain tim kami, serta saya juga dapat memantau perkembangan kondisi para pemain yang kami miliki,” kata Gama.

“Semua tim di grup ini sama-sama kuat. Kami respek dengan timnas Indonesia yang berhasil menjuarai Piala AFF U-22 kemarin. Begitu juga dengan Vietnam dan Brunei Darussalam. Kami harus melakukan yang terbaik, kami harus menunjukkan kualitas, dan kami ingin sebuah pertandingan yang akan membantu perkembangan tim,” jelas pelatih asal Brasil itu.

Prakiraan Susunan Pemain

Thailand U-23: Nont Muangngam; Marco Ballini, Shinnaphat Leeaoh, Saringkan Promsupa, Chatchai Saengdao; Kanarin Thawornsak, Saharat Sontisawat, Worachit Kanitsribampen; Anon Amornlerdsak, Supachok Sarachat, Supachai Jaided

Indonesia U-23: Awan Setho Raharjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo Nugroho, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika; M. Luthfi Kamal, Raffi Syarahil; Saddil Ramdani, Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri; Marinus Wanewar

Prediksi skor Sulselekspres.com : Thailand 1-2 Indonesia

BACA JUGA :  Indonesia Terpuruk di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img

Headline