31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthIni 4 Manfaat Kulit Singkong untuk Kesehatan Wajah

Ini 4 Manfaat Kulit Singkong untuk Kesehatan Wajah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Singkong atau ketela merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Sebab, selain rasanya yang lezat, umbi-umbian yang satu ini juga mengandung karbohidrat dan beberapa nutrisi penting lain.

Nah, berdasarkan kandungan nutrisinya, daging singkong yang umum dikonsumsi diyakini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Namun, nyatanya tak hanya daging singkong saja yang bermanfaat bagi tubuh.

Sebab, kulit singkong yang biasa dibuang, dikabarkan memiliki beberapa manfaat. Khususnya untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Lantas, kira-kira apa saja manfaat kulit singkong tersebut? Yuk, simak informasinya di sini!

Manfaat Kulit Singkong untuk Kesehatan Wajah

Terdapat beberapa manfaat dari kulit singkong untuk kesehatan wajah, antara lain:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit singkong yang pertama adalah dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dengan menggunakan kulit singkong sebagai bahan utama scrub untuk wajah. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih kulit singkong, lalu tumbuk hingga menyisakan sedikit tekstur kasar.

Selanjutnya, gosoklah scrub tersebut secara lembut pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

2. Menghilangkan Bekas Luka

Selain mengangkat sel kulit mati pada wajah, kulit singkong juga dipercaya bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Manfaat yang satu ini dapat diperoleh dengan cara membuat adonan parutan singkong, lalu dioleskan pada bagian kulit yang menghitam akibat bekas luka. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengoleskan adonan tersebut ke bekas luka setiap dua kali sehari.

3. Menghidrasi Kulit

Kulit yang kering merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Nah, kulit singkong juga diyakini dapat membantu menghidrasi kulit. Karena itu, cobalah untuk menggunakan singkong jika kamu sedang memiliki kulit yang kering. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan parutan singkong dan kulitnya dengan minyak zaitun atau madu, dan beberapa tetes air lemon.

4. Dapat Bermanfaat Sebagai Masker Wajah

Manfaat kulit singkong yang selanjutnya adalah dipercaya dapat bermanfaat sebagai masker wajah. Perlu diingat bahwa masker wajah berbeda dengan scrub. Di mana scrub berperan untuk mengeksfoliasi kulit, sementara masker wajah bermanfaat untuk menutrisi kulit.

Untuk membuat masker wajah ini, kamu hanya perlu mencuci bersih singkong, kemudian parut kulit singkong hingga benar-benar halus tanpa mencampurkannya dengan air. Agar lebih maksimal, kamu juga dapat menambahkan minyak zaitun atau madu, dengan beberapa tetes lemon.

Kendati demikian, pastikan untuk terlebih dahulu mencuci wajah dengan air hangat sebelum menggunakan masker wajah tersebut. Sebab, hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, sehingga manfaat dari masker wajah berbahan kulit singkong tersebut dapat diperoleh secara optimal.

Itulah beberapa manfaat kulit singkong untuk kecantikan. Mulai dari membantu mengangkat sel kulit mati, membantu menghilangkan bekas luka, menghidrasi kulit, hingga bermanfaat sebagai masker wajah.

Berdasarkan manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mencoba kulit singkong sebagai bagian dari perawatan kulit secara alami. Meski begitu, penelitian dan data ilmiah yang lebih mendalam mengenai manfaat kulit singkong untuk kecantikan tersebut masih diperlukan.

Maka dari itu, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter sebelum kamu mencobanya. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kulitmu aman atau tidak untuk menggunakan kulit singkong sebagai perawatan kulit. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat singkong, atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline