24 C
Makassar
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaHealthIni 7 Makanan Sehat yang Bisa Jadi Pelembap Wajah Alami

Ini 7 Makanan Sehat yang Bisa Jadi Pelembap Wajah Alami

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kulit kering atau xerosis bisa disebabkan oleh cuaca dingin, kebiasaan merokok, udara kering dan paparan sinar matahari berlebihan. Masalah ini juga bisa dipicu oleh kadar pH kulit yang tak seimbang.

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah menggunakan pelembap wajah. Tapi, tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan kimia di dalam produk yang dijual bebas di pasaran.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan pelembab wajah alami dari bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah. Di antaranya minyak zaitun, madu, minyak kelapa, lidah buaya dan yoghurt.

Pelembap Wajah Alami dari Makanan Sehat

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung squalene yang berfungsi sebagai pelembap. Di dalamnya juga terdapat antioksidan seperti polifenol dan fitosterol yang mampu menenangkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Guna melembapkan wajah, oleskan minyak di seluruh permukaan wajah setelah membersihkan muka. Jika teksturnya dirasa terlalu kental, campurkan minyak dengan sedikit air. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

2. Madu

Madu mengandung zat emolien yang efektif menghidrasi dan membuat kulit terasa lembut serta kenyal. Sementara kandungan gula di dalamnya bertindak sebagai humektan guna mengunci kelembapan alami kulit.

Madu juga mengandung antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan kulit, mencegah munculnya noda hitam di wajah dan mengatasi iritasi. Caranya, aplikasikan madu pada permukaan kulit dan pijat perlahan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang efektif melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit tidak merata. Di dalamnya juga bersifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat, eksim dan alergi kulit.

Caranya dengan menggunakan minyak kelapa ke seluruh wajah sebagai pelembap sebelum tidur di malam hari. Pelembap wajah alami ini juga bisa dipakai setelah mandi dan cuci muka.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung lipid, vitamin dan asam amino yang efektif meningkatkan kelembapan kulit. Caranya dengan mengaplikasikan gel lidah buaya langsung dari tanamannya. Diamkan selama 10 sampai 15 menit sampai benar-benar meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.

5. Yogurt

Yoghurt mengandung asam laktat dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. Caranya dengan mengaplikasikan bahan tersebut ke kulit wajah sembari dipijat secara perlahan. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

6. Minyak Almond

Minyak almond mengandung protein, mineral, lemak tak jenuh dan berbagai jenis vitamin seperti A, B, D serta E. Tak hanya efektif melembapkan kulit, bahan alami ini juga efektif meringankan gejala eksim dan psoriasis. Caranya dengan mengaplikasikan minyak pada wajah, diamkan 10 sampai 15 menit lalu bilas.

7. Alpukat

Alpukat memiliki berbagai kandungan antioksidan, seperti beta karoten, lecithin, asam linoleat dan dan asam linoleat. Nutrisi tersebut efektif melembapkan kulit kering, pecah-pecah dan bersisik.

Alpukat juga mengandung vitamin A dan E yang dapat mencegah kulit kering. Caranya dengan meningkatkan kelembapan alami di dalamnya. Adapun langkah membuat masker alpukat, yakni:

Siapkan 1 buah wortel, ½ buah alpukat, 1 sdm madu, ½ sdm minyak zaitun dan 1 kuning telur.

Kupas wortel dan kukus sampai lunak. Kemudian haluskan bersamaan dengan alpukat sampai bertekstur pasta.

Tambahkan bahan lainnya, yakni telur, minyak zaitun dan madu. Aduk semua bahan sampai tercampur.

Aplikasikan bahan tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer