24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
BerandaHealthIni Berbagai Sayuran untuk Diet yang Sehat dan Mudah Diolah

Ini Berbagai Sayuran untuk Diet yang Sehat dan Mudah Diolah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Makanan untuk diet umumnya, enggak jauh-jauh dari  sayuran. Pasalnya, bahan makanan ini cenderung rendah kalori sehingga tidak akan bikin timbangan kamu semakin melambung. Bukan itu saja, sayur juga dikemas dengan vitamin dan mineral yang mampu menjaga kesehatan.

Bahkan, beberapa jenis sayuran punya kemampuan untuk membakar lemak lebih efektif. Nah, manfaat ini bisa kamu dapat dari sayuran yang kandungan antioksidannya tinggi. Makanan ini juga mengandung serat yang membantu proses metabolisme sekaligus bikin perut kenyang lebih lama.

Meski begitu, sebagian besar sayuran mesti diolah terlebih dahulu, tidak seperti buah yang umumnya bisa langsung dimakan. Jangan khawatir, ada beberapa jenis sayuran yang mudah diolah, kok!

Jenis Sayuran yang Mudah Diolah

Berikut jenis-jenis sayuran yang mudah diolah:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, bok choy dan kale, amat mudah diolah dan cepat matang. Malahan, jenis sayuran ini bagus untuk membakar lemak perut dan tinggi gizi. Konsumsi sayuran-sayuran ini setiap sarapan atau makan siang agar kamu tidak mudah lapar. Dengan demikian, berat badan bisa menurun secara signifikan.

2. Kubis Brussel

Kubis brussel termasuk sayuran yang bagus untuk diet karena rendah kalori dan kaya akan serat. Kandungan seratnya bisa membantu kamu kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Karena rendah kalori, kubis bisa membantu kamu defisit kalori. Secangkir kubis brussel hanya mengandung 38 kalori. Cara mengolahnya juga gampang, bisa  dipanggang atau ditumis saja sudah cukup.

3. Kembang kol dan brokoli

Kembang kol dan brokoli juga mengandung serat berkualitas tinggi. Sayuran ini juga dilengkapi dengan beberapa mineral dan vitamin, seperti sulforaphane fitonutrien, folat dan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan.

Kandungan fitokimia di dalamnya dapat meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain membuat kenyang lebih lama, keduanya bisa membantu mengatasi perut kembung. Pengolahannya juga mudah, kamu bisa menumis atau mengukusnya saja dan sedikit dibumbui garam.

4. Daun bit

Olahan buah bit mungkin lebih populer ketimbang daunnya. Namun, bagian daunnya ternyata juga bisa diolah, lho! Kamu bisa menumisnya dengan ditambahkan sejumlah bumbu dapur untuk meningkatkan rasa. Jika ingin sensasi lain, haluskan daun bit untuk dijadikan isian roti. Daun ini mengandung beta-karoten dan vitamin A yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

5. Daun selada

Selada sering dijadikan lalapan untuk bersanding dengan daging dan lauk pauk lainnya. Nah, daun ini memang lebih nikmat jika disantap mentah saja, jadi kamu tidak perlu repot mengolahnya lagi. Kandungannya juga beragam, mulai dari kalsium, kalium, folat, dan zat besi.

Zat-zat tersebut bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian kamu, lho! Selada juga jadi salah satu sumber serat yang cukup besar, jadi pencernaan kamu dijamin lebih sehat.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer