24 C
Makassar
Rabu, Juli 6, 2022
BerandaHealthJangan dipencet, Begini Cara Menghilangkan Komedo

Jangan dipencet, Begini Cara Menghilangkan Komedo

PenulisAndika
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum terjadi. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, munculnya komedo juga kerap mengganggu penampilan.

Tidak sedikit orang yang ‘gemas’ dengan kemunculannya, sehingga memilih untuk memencet komedo dengan tangan. Namun, cara ini sebenarnya tidak disarankan karena dapat membuat komedo semakin parah.

Komedo sebenarnya tergolong jerawat ringan yang biasanya muncul pada area wajah. Namun, komedo terkadang juga bisa muncul di area leher, dada, atau punggung.

Komedo terbentuk akibat adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, tetapi ada juga yang berwarna hitam akibat terpapar udara.

Berbagai Cara Menghilangkan Komedo

Meski tidak terasa sakit atau memiliki gejala khas, komedo tetap saja mengganggu penampilan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo seperti dikutip dari laman alodokter, di antaranya:

1. Produk penghilang komedo

Saat ini, beragam produk untuk menghilangkan komedo mudah ditemukan dan banyak beredar di pasaran, baik yang berbentuk gel, krim, hingga plester yang langsung ditempel di kulit.

Meski demikian, sebelum Anda hendak menggunakan produk penghilang komedo tertentu, pastikan produk tersebut telah terdaftar di BPOM dan gunakan sesuai petunjuk pemakaian.

2. Obat-obatan dari dokter

Jika komedo membandel dan tidak hilang setelah menggunakan produk penghilang komedo, Anda dapat memeriksakannya ke dokter. Dokter akan memberikan obat dengan kandungan antibiotik maupun jenis obat lain, seperti benzoil peroksida, retinoid, asam glikolat, dan asam salisilat.

3. Komedo ekstraktor

Metode untuk menghilangkan komedo yang satu ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dokter estetika dengan menggunakan alat bernama komedo ekstraktor. Alat ini digunakan untuk menekan area sekitar pori-pori guna mengangkat komedo.

BACA JUGA :  Hilangkan Komedo Dengan 5 Bahan Alami Ini

Meski aman dilakukan, tetapi ada risiko yang dapat terjadi dari metode ini, seperti kerusakan jaringan dan munculnya jaringan parut.

4. Peeling

Teknik pengelupasan kulit dengan metode peeling bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mengatasi berbagai masalah pada kulit, termasuk jerawat dan komedo.

Peeling dilakukan menggunakan bahan atau larutan kimia bersifat ringan, seperti asam salisilat, tretinoin, dan asam glikolik.

5. Teknik mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi dilakukan untuk mengatasi sejumlah masalah pada kulit wajah yang terletak di lapisan kulit terluar atau epidermis, termasuk komedo. Dokter akan menggunakan alat khusus untuk menyemprotkan bahan sejenis kristal untuk mengangkat komedo dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

6. Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy)

Terapi ini menggunakan alat yang dapat mengeluarkan cahaya dan sinar laser yang diarahkan langsung ke bagian dasar kulit.

BACA JUGA :  Cara Alami Hilangkan Komedo

Paparan sinar tersebut mampu menyingkirkan komedo dan jerawat tanpa merusak bagian atas kulit, sekaligus efektif menurunkan produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri.

Mencegah Munculnya Komedo dengan Perawatan Kulit yang Baik

Untuk menghilangkan komedo dan mencegah terbentuknya kembali, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

• Cuci muka dengan sabun wajah berbahan lembut setidaknya 2 kali sehari agar kebersihan kulit tetap terjaga.
• Pilihlah produk perawatan kulit dan wajah yang berlabel noncomedogenic.
• Hindari kebiasaan menyentuh wajah dan memencet komedo sendiri dengan tangan yang kotor.
• Gunakan tabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari.
• Konsumsi makanan bernutrisi dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak.
• Jalani pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, rutin berolahraga, dan tidak merokok.

Menghilangkan komedo mungkin membutuhkan kesabaran. Melakukan perawatan atau menggunakan produk secara mandiri ada kalanya tidak memberikan hasil yang instan, sehingga Anda harus rutin melakukannya.

Jika berbagai cara menghilangkan komedo di atas tidak kunjung membuahkan hasil atau bila Anda mengalami gejala tertentu setelah menggunakan obat atau menjalani prosedur perawatan kulit tertentu, segera konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

spot_img
spot_img

Headline