32 C
Makassar
Minggu, Mei 29, 2022
BerandaRagamJarang Disadari, Kenali 14 Peyebab Diabetes

Jarang Disadari, Kenali 14 Peyebab Diabetes

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sebelum menjelaskan mengenai apa penyebab diabetes, perlu diketahui bahwa penyakit ini sendiri terbagi ke dalam dua tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin. Diabetes https://www.rpspharmacy.com/product-category/diabetes/

Berikut ini adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab diabetes, di antaranya:

1. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1, di mana sistem kekebalan tubuhnya menghancurkan sel-sel di pankreas yang menghasilkan insulin. Meski tidak diketahui penyebab diabetes ini secara spesifik, beberapa kondisi yang bisa memicu hal ini antara lain:

Infeksi virus atau bakteri
Zat beracun dalam makanan
Disposisi genetik yang mendasari dapat menjadi penyebab diabetes tipe 1

2. Obesitas dan Kurangnya Aktivitas Fisik

Anda lebih mungkin terserang diabetes tipe 2 jika Anda tidak aktif secara fisik dan kelebihan berat badan. Berat ekstra kadang-kadang menyebabkan resistensi insulin dan sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Anda bisa menggunakan kalkulator indeks massa tubuh, untuk melihat apakah berat badan Anda berisiko terkena diabetes tipe 2 atau tidak.

3. Resistensi Insulin

Penyebab diabetes tipe 2 biasanya dimulai dengan resistensi insulin, suatu kondisi di mana sel-sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk membantu glukosa memasuki sel.

Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memenuhi permintaan tambahan. Seiring waktu, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup dan membuat kadar glukosa darah meningkat. Get Silagra http://valleyofthesunpharmacy.com/silagra/

4. Genetik

Seperti pada penyebab diabetes tipe 1, gen-gen tertentu dapat membuat seseorang lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2. Selain bisa berkembang di keluarga, kondisi ini juga lebih sering terjadi pada ras atau etnis:

BACA JUGA :  Makan Nasi Lauk Mie Instan Berbahayakah?

Afrika-Amerika
Penduduk asli Alaska
Indian Amerika
Asia Amerika
Hispanik/latin
Penduduk asli Hawaii
Kepulauan Pasifik
Faktor genetik dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan kecenderungan seseorang menjadi obesitas

5. Fibrosis Kistik

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah penyakit keturunan yang membuat tubuh menghasilkan lendir tebal sehingga menyebabkan jaringan parut di pankreas. Jaringan parut ini dapat mencegah pankreas membuat insulin yang cukup.

Meski begitu, gejala yang dialami oleh penderita bisa berbeda-beda tergantung organ yang yang mengalami penyumbatan dan tingkat keparahannya.

6. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah kondisi di mana tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi. Jika tidak ditangani, zat besi bisa menumpuk dan merusak pankreas dan organ lainnya. Penyebab utama kondisi ini adalah kelainan atau mutasi pada gen yang mengatur penyerapan zat besi oleh tubuh.

Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh oleh penyakit autoimun, di mana zat besi menumpuk dengan cepat di organ hati, terutama pada masa perkembangan janin.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3