32 C
Makassar
Minggu, Mei 29, 2022
BerandaRagam4 Olahraga Terbaik untuk Menguatkan Jantung

4 Olahraga Terbaik untuk Menguatkan Jantung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jantung adalah organ tubuh yang bertugas menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ. Setiap denyutnya, jantung memompa keluar darah beroksigen ke sistem peredaran darah.

Semakin kuat jantung Anda, maka semakin baik ia mengerjakan tanggung jawabnya, dan latihan yang konsisten akan memiliki efek positif pada kekuatan jantung Anda.

Namun, untuk menjaga agar kinrja jantung tetap optimal, Anda membutuhkan olahraga, untuk mencegah penyakit jantung.
Beberapa jenis olahraga yang bisa menguatkan jantung Anda, berikut ini, dilansir dari hellosehat.com:

1. Latihan interval

Ini adalah olahraga yang tak tertandingi untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran. Anda dapat menggabungkan latihan intensitas tinggi dengan periode pemulihan aktif yang lebih panjang. Contohnya adalah, Anda dapat berjalan kaki dengan kecepatan normal selama 3 menit dan melangkah lebih cepat selama 1 menit. Dengan menaikkan dan menurunkan detak jantung Anda, maka Anda dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan membuat tubuh lebih efisien dalam membersihkan tubuh dari gula dan lemak dari darah.

2. Oahraga Yang menggerakkan seluruh tubuh

Semakin banyak otot yang terlibat dalam suatu kegiatan, semakin keras jantung Anda harus bekerja untuk mengimbanginya, dengan demikian tubuh akan menjadi kuat dengan sendirinya. Olahraga seperti mendayung, berenang, cross-country skiing, dan lain-lain dapat Anda gunakan untuk menguatkan jantung. Tambahkan beberapa latihan interval untuk membuat latihan Anda lebih ideal.

3. Latihan beban

Ini sebenarnya merupakan bentuk lain dari latihan interval, karena akan meningkatkan jantung Anda selama repetisi dan menurunkannya selama pergantian set. Dengan menangani segala tuntutan yang ditempatkan pada jantung secara efisien, otot yang kuat akan meringankan beban keseluruhan pada jantung. Oleh karena itu, gunakan beban bebas yang dapat melibatkan banyak otot dan inti Anda, lalu bangunlah keseimbangan.

BACA JUGA :  Latihan pernapasan Atasi Jantung Berdebar Kencang dan Mendadak

4. Latihan inti (core) dan yoga

Latihan inti seperti Pilates dapat memperkuat otot inti dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Yoga juga dapat membuat tekanan darah turun, membuat pembuluh darah lebih elastis dan juga mempromosikan kesehatan jantung. Oleh karena itu, yoga juga dapat sekaligus memperkuat inti Anda.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3