BerandaMetropolisJelang Idul Adha, Pj Sekda Sulsel Tekankan Kesiapan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Pj Sekda Sulsel Tekankan Kesiapan Hewan Kurban

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, yang jatuh pada tanggal 21 Agustus mendatang, membuat pemerintah provinsi Sulsel lakukan persiapan kesediaan stok hewan ternak.

Untuk itu, Penjabat Sekda Provinsi Sulsel, Tautoto Tanaranggina, menggelar pertemuan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, di Kantor Dinas Peternakan, jalan Veteran Selatan Makassar

Dalam pertemuan yang digelar, Tautoto memberikan arahan terkait kinerja menjelang Idul Adha.

“Saya menekankan bagaimana kegiatan yang dilakukan, yang paling penting adalah mereka harus siap menghadapi Idul Adha. Saya hanya meminta mereka lebih intens melihat persediaan stok hewan ternak” ujar Tautoto saat ditemui selepas memberikan arahan, Jumat (3/7/2018).

BACA: KPK Bakal Survei Unit Pelayan Publik Pemprov Sulsel

Selain kesediaan stok, Tautoto juga menekankan terkait kesehatan hewan ternak yang bakal dipersiapkan untuk memenuhi permintaan Idul Adha.

“Kondisi kesehatan hewan ini yang paling penting. Jadi kesehatan hewan jangan sampai hewan yang ada bibit penyakitnya terus itu dijual, masyarakat kan tidak tahu,” ungkapnya.

Karenanya, Tautoto memberikan arahan kepada Kadis Peternakan untuk meningkatkan kordinasi dengan dinas kabupaten kota terkait langkah tersebut.

“Jadi ada tim disini yang (nantinya) akan turun melihat itu (pengawasan kesehatan hewan) sampai ini layak potong atau tidak,” ringkasnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Abdul Azis menjelaskan, sebelum itu pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke sentra peternakan yang tersebar disejumlah daerah.

Dalam surat itu, selain kesediaan stok, pihaknya memberitahukan kepada sentra untuk memperhatikan kondisi kesehatan hewan ternaknya.

“Jadi, diharapkan sapi-sapi korban itu dilakukan pemeriksaan teman-teman dokter hewan dilapangan. Artinya untuk menjaga kesempurnaan daripada kurban itu,” ringkasnya.

PenulisAgus Mawan