24 C
Makassar
Saturday, June 22, 2024
HomeDaerahJelang Ramadan, Satgas Pangan Bone Sidak Pasar

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Bone Sidak Pasar

PenulisYusnadi
- Advertisement -

BONE,SULSELEKSPRES.COM – Pada momentum bulan suci ramadan kerap kali diiringi dengan permintaan kebutuhan pokok dipasaran melonjak tajam yang bisa berdampak peningkatan harga.

Untuk mengatasi dampak kenaikan harga, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone senantiasa berupaya menjaga stabilitas harga, bekerjasama Satgas Pangan Bone untuk melakukan pemantauan harga pasar.

Pada Jumat (25/3/2022), Satgas Pangan Kabupaten Bone melakukan pemantauan harga dan ketersediaan 12 bahan pangan pokok strategis menjelang bulan suci Ramadandi beberapa pasar.

Satgas Pangan Bone dipimpin langsung Sekda Bone H Andi Islamuddin dengan didampingi Wakil Satgas Pangan Bone yang juga Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Bone Andi Ikhwan Burhanuddin, dan juga Plt Kadis Ketahanan Pangan H Andi Asman Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Tim Satgas Pangan bergerak dari Cafe Chill Jalan Merdeka Watampone, menuju Pasar Bajoe Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur, kemudian Pasar Induk Palakka, sejumlah Pasar Modern di Jalan Veteran dan Gudang Bulog.

Ketua Satgas Pangan Kabupaten Bone H Andi Islamuddin menjelaskan dari hasil pantauan di sejumlah pasar tradisional dan pasar modern, ketersediaan sembilan bahan pokok di sejumlah Pasar di Bone masih tersedia aman.

Namun, kata mantan Kepala BKPSDM Bone itu, ada beberapa jenis sembako mengalami kenaikan harga seperti gula, terigu dan minyak goreng, akan tetapi harga masih mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

“Stok kebutuhan pokok tersedia dan pada umumnya harganya pun masiih stabil. Kecuali tepung terigu ada peningkatan harga jelang Ramadan,” ujarnya.

Sekda Bone mengimbau agar masyarakat tidak panic menjelang Bulan Suci Ramadan, karena stok sembako dipasaran masih aman dan harga masih relatif stabil.

Sementara itu, Wakil Satgas Pangan Kabupaten Bone Andi Ikhwan Burhanuddin yang juga Plt Kadis Perdagangann Kabupaten Bone itu menambahkan dari hasil pemantauan Bulog stok sembako masih aman.

“Dari hasil pantauan kami, stok sembilan bahan pokok masih aman. Harga sembako masih stabil dipasaran cuma ada memang yang mengalami kenaikan harga menjelang bulan Suci Ramadhan. Untuk stok gula dan terigu di Bulog stok masih tersedia hingga satu bulan setengah ke depan dan khusus untuk stok beras di Bulog tersedia hingga 27 bulan ke depan,” tambah Andi Ikhwan.

Untuk ketersediaan minyak goreng sendiri kata mantan Kadis Pariwisata ini, cukup tersedia di pasaran, cuma diakui jika mengalami kenaikan harga.

“Minyak goreng alhamdulillah cukup tersedia cuma memang ada kenaikan harga untuk jenis premium. Harga rata-rata Rp 24 ribu/kg. Namun stok dari berbagai macam merk di pasaran cukup tersedia,” ujarnya.

Dikatakan, A Ikhwan untuk menjaga kestabilan harga sembako, Kementerian Perdagangan nantinya akan menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga para pedagang nantinya tidak boleh menjual lebih tingggi dari HET yang telah ditetapkan pemerintah.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img