31 C
Makassar
Kamis, Juni 30, 2022
BerandaMetropolisJemaah Haji Kloter 2 Makassar Ziarah di Medinah

Jemaah Haji Kloter 2 Makassar Ziarah di Medinah

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Sembilan Bus mengangkut Jemaah haji Kloter 2 Embarkasi Makassar yang terdiri dari Jemaah asal Gowa, Sidrap, dan Maros meninggalkan Hotel Amjad Al Salam Madinah untuk melaksanakan Ziarah Ke sejumlah destinasi di sekitar Kota Madinah, Selasa (21/5/2022).

Ziarah ke sejumlah destinasi di Sekitar Kota Madinah seperti Masjid Quba (Masjid Pertama yang dibangun Rasulullah SAW), Jabal uhud (Lokasi Perang Uhud), Masjid Khandaq (masjid yang dibangun di lokasi Perang Khandaq) dan Kebun Kurma, merupakan salah satu Paket Layanan Pemerintah Indonesia kepada para Jemaah haji kita di Tanah suci dengan gratis disela waktu tinggal di Kota Madinah.

Menurut Ketua Kloter 2 Embarkasi Makassar Muhammad Asta, bahwa tujuan dari Ziarah ini adalah untuk memberikan wawasan berupa pengalaman spiritual sekaligus mengenang sejarah yang pernah terjadi dimasa Rasulullah SAW yang merupakan periode awal Islam di Kota Madinah.
Meskipun kegiatan ziarah ini dilakukan dalam kondisi cuaca panas terik yang cukup menyengat berkisar 46-48 derajat celcius, Jemaah Haji sangat antusias dan puas dengan paket layanan ziarah yang diberikan gratis oleh Pemerintah Indonesia, malah tak sedikit Jemaah yang tampak meneteskan air mata begitu tiba di lokasi ziarah sebab membayangkan betapa beratnya perjuangan Rasulullah SAW bersama Sahabatnya dalam mengemban Amanah berupa Penyebaran Agama Islam di masa itu.

Kepuasan Jemaah haji juga dikarenakan fasilitas yanag disediakan baik itu fasilitas busnya yang nyaman dan lapang, ketersediaan Snack dan Cemilan serta air minum yang cukup, maupun fasilitas tour gaet yang memberikan penjelasan terkait tujuan destinasi yang didatangi Jemaah, Ujar Yunus Muin yang juga petugas Pembimbing Ibadah di Kloter 2 Upg.

Paket Ziarah ini berakhir sebelum masuk waktu sholat Dhuhur, agar Sholat Arbain Jemaah tetap bisa ditunaikan di Masjid Nabawi, Ungkap Yunus Muin.
Muhammad Asta selaku Ketua Kloter dalam pesan singkatnya yang disampaikan Via WhatsApp kepada mawardi Humas kanwil Kemenag Sulsel, menggambarkan bahwa Untuk situasi ini sebaiknya Jemaah haji disiplin dalam menjaga kesehatan apalagi cuaca sangat panas, tapi, Alhamdulillah jamaah kloter kami selalu siap dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang diberikan oleh pihak Kesehatan dan juga sebagian dari Pemda setempat.

Selain itu, Muhammad Asta juga menyampaikan pesan khusus buat Jemaah haji yang belum sampai ke Tanah Suci supaya betul betul mempersiapkan diri dari awal, baik istita’ah kesehatan dan istita’ah dalam pelaksanaa haji, dengan cuaca yang panas, perlu ada kolaborasi Petugas Kloter dalam mengatur dan menjaga keseimbangan antara ibadah dan menjaga kesehatan, keduanya harus diperhatikan, kita sehat dan ibadah juga mabrur.

“Keberadaan Jemaah haji kloter 2 Upg saat ini sudah memasuki hari ketiga di Kota Madinah , rencananya Jemaah haji Kloter 2 Upg akan Bergeser ke Kota Suci Makkah Al Mukarramah pada tanggal 28 Juni 2022 mendatang,” tandasnya.

spot_img
spot_img

Headline