24 C
Makassar
Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaHeadlineJK Masih Jadi Kunci Kemenagan Jokowi di Sulsel, Ini Alasannya

JK Masih Jadi Kunci Kemenagan Jokowi di Sulsel, Ini Alasannya

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) masih menjadi penentu kemenangan Calon Presiden RI Nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan Presiden 2019 mendatang khususnya di daerah di Sulawesi Selatan.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin Aswar Hasan menilai, Jokowi, meski banyak menghabiskan waktu di Sulsel untuk meraih suara maksimal kunci kemenangan tetap berada di tangan Jusuf Kalla (JK).

BACA: Setelah Sandi Giliran Prabowo Akan Menyapa Masyarakat Sulsel, Ini Jadwalnya

“Kedatangan Jokowi di Sulsel sangat mengikuti preferensi JK. Jadi intinya Jokowi di Sulsel itu sangat ditentukan oleh faktor JK,” kata Aswar Hasan di Makassar, Selasa (25/12/2018).

Pasalnya, lanjut Aswar, partai pengusung Jokowi-Maruf di Sulsel terbilang tidak serius mengkampanyekan Jokowi di Pilpres 2019.

BACA: Kubu Prabowo – Sandi Tak Khawatir JK Turun Gunung Bantu Jokowi di Sulsel

“Kenapa, karena partai-partai pengusung ini tidak serius bekerja untuk mengkampanyekan Jokowi,Itu terkonfirmasi dari elektabilitas Jokowi yang tidak signifikan dibandingkam dengan Prabowo Subianto,” kata dia.

Sekedar diketahui, Jokowi sebelumnya menghabiskan beberapa hari di Sulawesi Selatan. Selain agenda pemerintahan, Jokowi juga mengisi agenda politik bersama relawannya.

Kunjungan di Sulsel, elektabilitas capres petahana ini ditargetkan akan meningkat. Sebab, Jokowi menargetkan mampu mengulang sejarah Pilpres 2014 lalu dengan meraih suara 70 persen lebih.

Penulis: Muhammad Adlan
BACA JUGA :  Gibran Minta Pria yang Ancam Penggal Kepala Jokowi Dimaafkan
spot_img

Headline