25 C
Makassar
Selasa, Januari 19, 2021
Beranda Hiburan Jogja-NETPAC, Barometer Festival Film Asia

Jogja-NETPAC, Barometer Festival Film Asia

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), barometer perkembangan film  Asia  tahun ini akan dilaksanakan di 15 kota sebagai refleksi spirit komunitas yang selama ini menjadi spirit tumbuhnya JAFF. JAFF bekerjasama dengan SEAscreen Academy-Rumata’ ArtSpace dan menjadikan Makassar sebagai salah satu kota yang dipilih.

Riri Riza, selaku salah satu pendiri Rumata’ ArtSpace sekaligus Direktur SEAscreen Academy mengatakan, program kerjasama ini merupakan momentum yang baik dan kesempatan yang harusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua filmmaker untuk belajar dan berjejaring seluas-luasnya. Serta dapat menikmati sinema dalam kondisi yang penuh keterbatasan.

“JAFF adalah sebuah festival yang memiliki visi dan etos serta semangat menjalankan kerja dengan optimal dengan ambisi yang tinggi dan terukur. JAFF kemudian menjadi sebuah festival yang termasuk paling konsisten di Asia Tenggara yang fokus pada pemutaran film-film Asia Tenggara bukan hanya dalam kaitan terbaik, tetapi dalam memberi highlight dan memberi warna pada sinema Asia. SEAscreen Academy dan Rumata’ ArtSpace sebenarnya memiliki sebuah tujuan yang senada atau segaris dengan JAFF, dalam kaitan selalu mendorong para filmmaker di Indonesia Timur, khususnya di Kota Makassar, semakin terbuka dalam mengelola apa itu sinema.

Tahun ini adalah tahun yang cukup menantang buat SEAscreen Academy dan Rumata’, karena banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan secara online. Dengan adanya JAFF berjejaring dengan komunitas di Makassar dan berpusat pada Rumata’, tentu saja ini menjadi momentum yang baik dan kesempatan yang harusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua teman-teman di Makassar untuk belajar seluas-luasnya, berjejaring seluas-luasnya, serta menikmati sinema dalam kondisi yang penuh keterbatasan. Terima kasih JAFF, selamat untuk semua teman-teman di Makassar merayakan sinema dengan kondisi yang baru, KINETIC!,” kata Riri Riza.

15th JAFF ‘Kinetic’ akan dilaksanakan di Rumata’ Art Space, pada tanggal 27 – 28 November 2020. Terdapat 4 slot program pemutaran, yakni Layar Komunitas, Asian Perspective, Light of Asia, dan Indonesian Film Splash Short dengan jumlah keseluruhan film yang akan diputar adalah sebanyak 28 judul film yang terdiri dari film komunitas Indonesia dan seleksi resmi JAFF ke-15. Untuk tata cara pembelian tiket bisa dicek melalui akun instagram @makassarscreen. Penyelanggaraan 15th JAFF ‘Kinetic’ akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga kapasitas penonton di setiap satu slot programnya hanya menerima 20 kuota penonton.

- Advertisement -

Headline