30 C
Makassar
Selasa, Februari 27, 2024
BerandaDaerahJuara Lomba Festival Video PMK se-Sulsel, Pemkab Bone Terima Penghargaan AISHSP

Juara Lomba Festival Video PMK se-Sulsel, Pemkab Bone Terima Penghargaan AISHSP

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten Bone, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan meraih prestasi gemilang dalam ajang lomba Festival Video partisipatif pengendalian penyakit mulut dan kuku (PMK) se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Lomba yang diselenggarakan oleh Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP) tersebut mempertemukan para pelaku dan pemangku kepentingan dalam upaya pengendalian penyakit PMK.

Penghargaan yang merupakan pengakuan atas dedikasi dan kerja keras Kabupaten Bone dalam bidang kesehatan hewan diserahkan oleh Mr. Stuart Kenward, Merla Head di AIHSP, kepada Pj. Bupati Bone Andi Islamuddin.

Penyerahan ini berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Selasa, (6/2/2024).

Hadir Tim AIHSP drh. Joko Daryono, Nurlina bersama Koordinator AIHSP Sulsel, drh. Agung Joni Wahyuda.

Tak hanya itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone juga mendapatkan piagam penghargaan atas partisipasinya dalam memperkuat ketahanan kesehatan di Bone. Sebagai tambahan, mereka juga diberikan Drone SJRC 3,5 Km oleh AIHSP sebagai apresiasi atas kontribusinya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bone, HA. Islamuddin menyampaikan bahwa program AIHSP telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya peningkatan kesehatan hewan di Kabupaten Bone.

Lanjut, kata dia, kolaborasi dengan Dinas Peternakan Bone telah berhasil memperkuat 3 pilar kesehatan hewan di wilayah tersebut.

“Peningkatan kapasitas petugas vaksinator dan pengelola media sosial, serta kerjasama lintas sektoral dalam bentuk kegiatan bersama DPKH Bone, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan komunitas Peternakan dalam hal vaksinasi massal adalah beberapa prestasi yang berhasil dicapai berkat kerjasama dengan AIHSP,” ucap A. Islamuddin.

Lebih lanjut, mantan Kepala BKPSDM Bone ini menambahkan, AIHSP juga berhasil meningkatkan kapasitas dalam perencanaan kesehatan hewan, menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kesehatan hewan dan kesehatan manusia di Kabupaten Bone.

BACA JUGA :  Mantan Bupati Bone ke-13 Wafat

“Masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bone mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi AIHSP dalam meningkatkan kesehatan hewan dan manusia di wilayah mereka. Kolaborasi ini diharapkan akan terus berlanjut untuk mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Mr. Stuart Kenward tak dapat menyembunyikan kekagumannya terhadap keramahtamahan yang ditawarkan oleh kota tersebut.

Dalam pidatonya, ia mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir, serta kepada tim yang telah merancang video yang menggetarkan jiwa.

“Menginjakkan kaki di Bone untuk pertama kalinya, saya tidak dapat menahan diri untuk tidak terpesona oleh pesona kota ini. Terutama, saya harus menyebut tentang kelezatan kuliner khas Bone yang telah berhasil menambah berat badan saya sebanyak 2 kilogram selama dua hari saya berada di sini.” ucapnya.

Pada kesempatan yang berharga tersebut, Stuart Kenward berbagi tentang tujuan kunjungannya ke Bone.

“Kami datang ke Bone dengan maksud untuk menyaksikan video yang berhasil meraih gelar juara, berbicara dengan para penonton yang hadir dalam video tersebut, serta memberikan bantuan kepada peternak hewan di wilayah ini,” beber Mr. Stuart Kenward.

Kata Stuart Kenward, Kemarin, kami berkesempatan bertemu dengan para peternak dan kami menyimpulkan bahwa keberhasilan video tersebut tidak terlepas dari penggunaan konteks lokal yang membuat penonton merasa terhubung secara emosional. Menurut kami, keberhasilan video tersebut justru memicu permintaan untuk pembuatan video lebih lanjut, yang diharapkan dapat mencakup lebih banyak lagi ragam audiens.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi yang tulus atas karya-karya video yang telah dibuat. Semoga kolaborasi antara kesehatan hewan dan kesehatan manusia terus berlanjut, memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Gubernur Sulsel Bakal Resmikan Jembatan Watu

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone, A. Musafir, juga tidak bisa menyembunyikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Kabupaten Bone dalam bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Dalam pernyataannya, Musafir menegaskan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh jajaran yang terlibat.

“Dalam dua tahun terakhir, kerjasama yang kuat menjadi kunci kesuksesan kami di Bone. Ada tiga poin fokus utama yang kami tekankan, dan kami berharap dapat terus memperkuatnya di tahun-tahun mendatang. Pertama, kami fokus pada pemahaman yang mendalam sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kedua, kami berupaya melibatkan lintas sektor dengan capaian yang luar biasa, terutama dalam hal administrasi terkait pola kesehatan hewan. Hasilnya, kami berhasil mencapai berbagai pencapaian luar biasa, termasuk penghargaan untuk vaksinasi terbaik dan kemenangan dalam lomba video,” tegasnya.

Selain itu, Andi Musafir juga menyampaikan apresiasi atas dukungan yang konsisten dari pemerintah Bone.

“Setiap kegiatan yang kami lakukan mendapat dukungan luar biasa dari pemerintah Bone. Di akhir tahun, program vaksinasi yang didanai pemerintah membantu meningkatkan derajat kesehatan hewan kami dengan menargetkan vaksinasi untuk 350 hewan, termasuk vaksinasi untuk jembrana,” ungkapnya.

Andi Musafir menghimbau program kesehatan hewan di Kabupaten Bone mendapat dorongan signifikan dengan alokasi dana yang baru dari pemerintah setempat. Pada akhir tahun, pemerintah Bone telah menganggarkan dana yang cukup besar untuk meningkatkan kesehatan hewan di wilayah tersebut.

“Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di Bone, pemerintah setempat telah mengalokasikan dana yang signifikan untuk program vaksinasi. Dalam upaya ini, pemerintah Bone bertekad untuk memberikan vaksinasi kepada lebih dari 350 hewan, termasuk peningkatan vaksinasi untuk hewan jembrana,” tandasnya.

BACA JUGA :  HJB 692: Bupati Bone Ajak Masyarakat Kuatkan Budaya Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer