26 C
Makassar
Jumat, Februari 23, 2024
BerandaMetropolisKanwil Kemennkumham Sulsel Ikuti Rekonsiliasi Pemutahiran Data Laporan Keuangan dan BMN

Kanwil Kemennkumham Sulsel Ikuti Rekonsiliasi Pemutahiran Data Laporan Keuangan dan BMN

- Advertisement -
- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulael) ikuti Rekonsiliasi dan Pemutahiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022 Tingkat. Rekonsiliasi dilaksanakan dari 30 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023 bertempat di hotel The Ritz Carlton Jakarta.

Kepala Biro Keuangan Kemenkumham, Wisnu Nugroho Dewanto dalam sambutannya menyampaikan beberapa permasalahan data laporan keuangan yang harus menjadi atensi dalam penyusunan laporan keuangan dan BMN tahun 2022.

Beberapa atensi yang disampaikan oleh Wisnu Nugroho diantaranya Optimalisasi rekonsiliasi internal antara LK dengan Laporan BMN, dan eksternal dengan KPPN dan KPKNL, teliti dan cermat dalam pengadaan untuk meminimalisir penggunaan akun belanja yang berpotensi menjadi temuan pemeriksaan, Tingkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pengadaan barang dan jasa.

Selanjutnya Kesesuaian pencatatan berdasarkan dokumen sumber dan transaksi yang sesungguhnya, Optimalisasi pemantauan terhadap permasalahan data laporan keuangan secara berkala melalui MonSAKTI dan koordinasikan dengan unit-unit terkait.

Juga meningkatkan pengawasan secara berjenjang untuk menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel Lakukan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam penyusunan LK dan BMN Tahun 2022 dan Lakukan pengungkapan informasi secara memadai dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Pada kesempatan itu pula Wisnu Nugroho mengatakan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan anggaran.

Sebelumnya dalam laporan panitia oleh Kepala bagian Akuntasi dan Pelaporan disampaikan bahwa kegiatan rekonsiliasi dimaksudkan untuk Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Tingkat Kantor Wilayah untuk mendukung penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022 Unaudited.

“Tujuannya guna melakukan Pemantauan progres perekaman dokumen, penyajian transaksi, dan penyusunan laporan keuangan Kantor Wilayah tahun 2022 melalui aplikasi SAKTI full module dan tersusunnya Laporan Keuangan dan BMN Kantor Wilayah yang akurat, transparan, dan akuntabel,” ujar Kabag Akuntasi dan Pelaporan

Adapun dalam penyampaian KaBiro Keuangan, diketahui, serapan anggaran Kanwil Kemenkumham Sulsel pada tahun 2022 menempati peringkat pertama dengan capaian 99,62 persen. Sedangkan IKPA Kanwil Sulsel menempati peringkat kelima dengan nilai capaian 97,81.

Tim Kanwil Sulsel yang mengikuti Rekonsoliasi dipimpin oleh Khomaini selaku Kepala Sub Bagian Pengelola Keuangandan BMN, dengan anggota M. Tasyriq, Arie Januar, Eko Triyanggono, Jarsyawan, Erdi Sitorus, Haeril Akbar, Ahmad Ghazali Farouq, Indah Yuliani dan Ayu Risma Dwiningsih.

spot_img

Headline

Populer