26 C
Makassar
Tuesday, May 28, 2024
HomeHealthKenali Gejala Campak pada Anak

Kenali Gejala Campak pada Anak

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Campak merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus Morbillivirus. Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak yang belum mendapat vaksin campak, memiliki sistem imun yang lemah, atau kekurangan vitamin A.

Oleh karena itu, gejala campak pada anak perlu diketahui dan ditemukan seawal mungkin agar bisa segera diobati, sehingga tidak sampai menyebabkan komplikasi. Ini juga penting jika di rumah ada anak lain atau ibu hamil yang belum mendapatkan vaksin campak, agar penularannya dapat dicegah.

Gejala campak pada anak biasanya muncul 10–12 hari setelah terinfeksi virus. Gejala awalnya sangat mirip dengan gejala flu, seperti:

Pilek
Batuk
Mata merah
Demam
Sakit tenggorokan
Kelelahan

Setelah 2–3 hari, anak yang menderita campak dapat mengalami gejala lain, seperti:

Ruam dan bintik di wajah dan leher, kemudian menyebar ke badan
Koplik spot atau bercak putih kecil di bagian dalam pipi
Diare

Tahapan Gejala Campak pada Anak

Infeksi virus campak terjadi secara bertahap dan berlangsung selama 14–21 hari. Berikut ini adalah tahapan munculnya gejala campak pada anak:

Tahap 1: Infeksi dan inkubasi

Tahapan ini terjadi selama 10–14 hari pertama setelah terpapar. Virus akan menyebar di dalam tubuh, tetapi belum menimbulkan gejala campak apa pun pada anak.

Tahap 2: Gejala awal

Tahap ini terjadi 2–3 hari setelah tahap pertama yang ditunjukkan dengan demam ringan hingga sedang. Anak juga biasanya akan mengalami batuk, pilek, mata merah (konjungtivitis), dan sakit tenggorokan.

Tahap 3: Gejala ruam dan bintik

Pada hari ke-3 atau ke-4, muncul gejala berupa ruam dan bintik-bintik. Ruam mungkin terlihat merah pada kulit terang dan abu-abu atau ungu pada kulit sawo matang. Selain berwarna kemerahan, bintik campak juga terasa gatal.

Ruam dan bintik-bintik ini biasanya menyebar dari belakang telinga, lalu ke wajah, perut, lengan, hingga kaki. Pada saat yang sama, demam dapat meningkat hingga 40o C.

Tahap 4: Pemulihan

Ruam dan bintik-bintik berlangsung selama 7 hari. Setelah itu, ruam akan meninggalkan bekas berwarna kecokelatan dan kulit mengelupas. Setelah itu, kulit anak biasanya akan tampak bersih kembali.(alodokter)

spot_img

Headline

Populer

spot_img