31 C
Makassar
Sunday, May 19, 2024
HomeHealthKenali 5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kenali 5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Jantung adalah organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini juga bertugas menyalurkan pasokan oksigen tubuh melalui aliran darah yang dipompanya. Karena, fungsinya yang amat vital ini, kesehatannya perlu dijaga dengan baik.

Nah, salah satu kunci utama kesehatan jantung adalah menerapkan pola makan yang sehat. Ada beberapa makanan yang terbukti baik untuk jantung berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Simak penjelasannya lebih lanjut!

Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan ini:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi terkenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini juga sumber vitamin K terbaik. Jenis vitamin tersebut mampu melindungi arteri dan mengoptimalkan proses pembekuan darah.

Sayuran hijau juga tinggi kandungan nitratnya. Senyawa yang satu ini mampu mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Biji-bijian utuh

Kamu mungkin perlu beralih ke biji-bijian utuh, seperti gandum dan beras merah untuk menjaga kesehatan jantung. Sumber karbohidrat kompleks ini bersifat protektif alias melindungi jantung dari kerusakan.

3. Buah beri

Beri-berian seperti stroberi, bluberi, rasberi dan blackberry ternyata kaya akan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kelompok buah yang satu ini kaya akan antioksidan seperti antosianin yang mampu melindungi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, telah banyak studi menunjukkan bahwa memperbanyak konsumsi beri-berian bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Buah beri bisa menjadi camilan yang mengenyangkan atau makanan penutup rendah kalori yang lezat. Coba tambahkan beberapa jenis berbeda ke dalam piring kamu untuk mendapatkan khasiat kesehatannya.

4. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung lemak baik adalah alpukat. Buah ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Buah yang satu ini punya efek penurun lipid alias lemak dan kardioprotektif, yakni mampu memproteksi sistem kardiovaskular, termasuk jantung. Alpukat juga kaya potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung.

Dalam satu buah alpukat saja mengandung 975 miligram potasium. Jumlah ini bisa mencukupi 28 persen kebutuhan potasium harian kamu. Mendapatkan setidaknya 4,7 gram potasium per hari dapat menurunkan menurunkan risiko stroke sampai 15 persen.

5. Ikan berlemak dan minyak ikan

Mulai ganti sumber lemak hewani dengan lemak sehat yang berasal dari ikan. Salmon, mackerel, sarden, dan tuna adalah ikan yang sarat akan asam lemak omega-3. Kandungan yang satu ini sudah terbukti manfaat kesehatan jantungnya.

Asam lemak omega-3 dari ikan berlemak mungkin memiliki peran protektif dalam risiko penyakit jantung dan sedikit mengurangi risiko aritmia. Pasalnya, minyak sehat ini mampu mengelola kadar kolesterol, trigliserida darah, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik supaya tetap stabil.

Selain ikan, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Khasiatnya sama, minyak ikan mampu mengelola trigliserida darah, meningkatkan fungsi arteri, dan menurunkan tekanan darah.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer

spot_img